Sebelum Tes, Ketahui Dulu Berapa Lama Telat Haid Dinyatakan Hamil

Berapa Lama Telat Haid Dinyatakan Hamil

Telat datang bulan merupakan salah satu gejala awal kehamilan yang paling sering dipercaya. Namun sebenarnya hal yang satu ini tidak bisa dijadikan sebagai acuan. Bahkan bagi Anda yang belum pernah mengalaminya akan bertanya seputar berapa lama telat haid dinyatakan hamil. Sebelum lakukan tes kehamilan ketahui dulu seputar haid sebagai tanda awal kehamilan.

Memahami Siklus Haid yang Normal

Hal paling utama yang perlu Anda lakukan adalah memahami siklus haid normal yang biasa Anda alami. Pada umumnya siklus haid normal berkisar antara 28 hari. Namun siklus ini juga bisa berubah-ubah. Siklus haid ini bisa lebih pendek ataupun lebih lama dengan kisaran 21 hingga 35 hari. Sedangkan periode haid yang normal akan berlangsung selama 3 hingga 5 hari.

Berapa Lama Telat Haid Dinyatakan Hamil?

Sudah menjadi salah satu hal yang wajar jika telat haid sering dikaitkan dengan tanda awal kehamilan yang paling banyak disadari pertama kali. Jika Anda termasuk orang yang rutin menghitung siklus haid setiap bulannya, tentunya Anda akan lebih mudah menyadari jika sudah telat datang bulan.

Pada umumnya periode menstruasi dianggap terlambat jika sudah melewati 5 hari atau lebih dari tanggal haid seharusnya. Jika hal ini terjadi, maka Anda sudah bisa mulai melakukan tes kehamilan sendiri di rumah dengan menggunakan test pack. Namun dengan catatan bahwa Anda sudah melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi sebelum telat datang bulan.

Meski begitu telat datang bulan tidak bisa mejadi acuan utama sebagai tanda awal kehamilan. Pasalnya tepat datang bulan juga dapat disebabkan karena banyak faktor. Berbagai faktor yang mampu mempengaruhi siklus menstruasi adalah stres, olahraga berlebihan, diet, olahraga yang tidak teratur, hingga kondisi medis tertentu.

Telat Datang Bulan dan Tanda Awal Kehamilan

Jika Anda sudah hamil, maka tubuh Anda tak hanya akan memberikan sinyal dengan berhentinya siklus menstruasi saja. Namun telat datang bulan ini juga disertai dengan berbagai gejala lain yang menandakan perubahan tubuh akibat kehamilan. Lantas apa saja sih gejala awal kehamilan yang paling umum terjadi?

Beberapa tanda awal kehamilan yang paling sering terjadi adalah perut kram, payudara terasa nyeri dan kencang, merasa tidak enak badan, mual dan muntah, dan berbagai gejala awal kehamilan lainnya. Selain beberapa gejala di atas, Anda juga perlu memperhatikan apakah Anda mengalami bercak flek kecokelatan atau pendarahan ringan tidak.

Pasalnya pada umumya hal ini akan terjadi ketika sel telur sudah mengalami pembuahan yang menempel pada lapisan rahim. Jika Anda sudah telat datang bulan yang disertai dengan berbagai ciri-ciri di atas, maka segera periksa diri ke dokter.

Sebelum menjalani tes kehamilan. Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar berapa lama telat haid dinyatakan hamil. Pasalnya tidak semua telat datang bulan menjadi indikasi gejala awal kehamilan. Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi serupa dengan mengunjungi orami.co.id.

Related posts