Pertumbuhan dan Perkembangan Janin 37 Minggu

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin 37 Minggu

Memiliki anak merupakan cita-cita setiap orang, karena itu jika istri sudah hamil pasti sudah dinantikan kelahiran calon anaknya. Janin terus tumbuh dan berkembang, perkembangan janin 37 minggu sangat penting untuk diperhatikan.

Tumbuh Kembang Janin 37 Minggu

Usia kehamilan 37 minggu merupakan usia kehamilan yang siap untuk proses melahirkan. Sebelum itu alangkah baiknya untuk mengetahui perkembangan janin 37 minggu sebelum lahir ke dunia ini :

  1. Kepala bayi berada dalam posisi

Pada usia kehamilan ini kepala bayi sudah seharusnya masuk ke panggul ibu untuk proses kelahiran normal. Ada beberapa situasi dimana kepala bayi tidak masuk ke panggul, namun itu bukanlah suatu masalah berarti karena dapat dilakukan tindakan operasi sesar untuk mengeluarkan bayi. Untuk melihat hal ini, kita dapat berkonsultasi ke dokter untuk tindakan USG.

  1. Gerakan di perut semakin aktif

Gerakan di perut ibu semakin aktif dan dapat dirasakan dengan meraba perutnya. Perut ibu dapat terlihat goyang kanan atau kiri, tergantung dari posisi si buah hati. Jika sedang berada di salah satu sisi maka perut ibu akan terlihat tidak simetris d tengah.

  1. Memiliki organ yang lengkap

Usia kehamilan 37 minggu dapat melihat tumbuh kembang organ si buah hati. Kita dapat melakukan USG untuk melihat apakah janin tumbuh dengan lengkap dan baik. Hal yang diinginkan setiap orang tua adalah janinnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sebelum dilahirkan.

  1. Sudah diketahui jenis kelamin

Pada beberapa kehamilan, jika melakukan usg 4 dimensi akan kita dapatkan data mengenai jenis kelamin si buah hati. Pada usia ini organ vital pada tubuh janin sudah dapat dilihat dan dapat dipastikan apakah laki – laki atau perempuan.

Persiapan Persalinan Ibu Yang Harus Dilakukan

Tentunya suami atau keluarga dari ibu harus memberikan dukungan terbaiknya agar calon ibu mampu mempersiapkan diri dengan baik sebelum proses persalinan. Berikut yang persiapan persalinan yang harus dilakukan :

  1. Berhubungan Seks

Persiapan ini dilakukan atas ijin dokter dan sudah dipastikan bahwa kepala bayi sudah masuk panggul. Berhubungan seks dapat meningkatkan kontraksi untuk proses kelahiran, sehingga dapat berjalan secara alami tanpa dorongan kontraksi. Biasanya ini dilakukan beberapa hari menjelang persalinan normal.

  1. Pijatan Perineal

Pijatan ini berfungsi untuk melancarkan jalan lahir, hal ini bisa dilakukan bisa juga tidak. Tergantung apakah suami atau pasangan ada bersama dengan ibu atau tidak. Jika akan melakukan sendiri, maka harus dipastikan kuku jari sudah dipotong bersih.

  1. Minum air yang cukup

Air merupakan hal penting karena saat melahirkan ibu akan mengeluarkan banyak cairan, oleh karena itu meski kembung ibu harus minum banyak air putih.

Itulah informasi mengenai perkembangan janin 37 minggu dan persiapan sang ibu sebelum proses melahirkan. Semua proses melahirkan baik normal atau tidak bukan sebuah masalah yang besar. Yang terpenting ibu dan bayi selamat dan sehat tidak kurang suatu apa.

Related posts