Penyebab Utama Kenapa oli Mesin Tidak Naik ke Klep/Mesin

Penyebab Utama Kenapa oli Mesin Tidak Naik ke Klep

Banyak masalah yang muncul sehingga anda akan melakukan proses servis mobil secara tiba-tiba tanpa adanya tanda tanda yang jelas. Faktor ini disebabkan bisa jadi karena terlalu sibuk menggunakan mobil dan lupa melakukan proses terpenting yakni perawatan.

Rutin memantau kondisi semua komponen mobil sampai dengan memeperhatikan kapan waktu yang tepat melakukan perawatan berkala mobil adalah kunci utama membuat mesin mobil menjadi lebih tahan lama dari kerusakan komponen-komponen penting.

Salah satu masalah yang sangat banyak terjadi adalah pada bagian oli, dan kali ini kami akan mencoba mengulas masalah oli mesin mobil tidak bisa sampai ke klep atau mandek alias mampet.

Jika kondisi ini terjadi, akan mudah sekali anda mencari indikasi yang akan timbul pada mobil anda seperti keluarnya suara aneh sampai dengan terdengar cukup kasar dan ini sangat menggangu sekali.

Kebanyakan yang kena adalah pada bagian pelumasnya, dan kalau dibiarkan terus menerus tanpa adanya servis berkala maka akan berdampak pada kerusakan lebih parah yakni turun mesin dan akan memakan biaya lebih mahal.

Ketika komponen pelumas ini bermasalah maka aliran oli ke bagian mesin tidak akan sampai, karena fungsi utama dari sistem pelumas ini sendiri tidak lain sebagai jembatan pengaliran oli ke piston kemudian valve dan berakhir ke bagian mesin yang membuat mobil bisa berjalan.

Sekarang, kami akan coba bahas faktor faktor yang menyebabkan kenapa oli mesin mobil anda tidak bisa naik ke klep, dengan mengetahui penyebabnya maka diharapkan anda bisa melakukan proses pengecekan dan pemeliharaan lebih awal.

Masalah Utama Bersumber Pada Oli, berikut ulasan lengkapnya!

Oli mesin habis

Sudah jelas, jika anda jarang memeriksan volume oli mesin mobil anda kemudian terus digunakan sepanjang waktu maka kemungkinan habis sudah jelas ada. Kondisi oli habis sudah jelas tidak bisa naik ke bagian klep.

Oli mesin tersumbat

Bagian strainer juga bisa jadi masalah utama. Jika komponen ini mampet maka oli tidak akan bisa naik ke bagian klep. Tersumbatnya strainer sendiri dikarenakan banyak faktor salah satunya adalah kotoran, kemudian kerusakan secara permanen karena masa pakai yang sudah lama.

Solusinya adalah ganti dengan yang baru.

Cek Kondisi Pompa oli mesin

Fungsi penting pompa ini harus tetap bekerja dengan baik, ketika daya hisapnya menurun maka oli yang naik ke bagian klep berkurang dari batas normalnya. Maka pastikan cek juga pada bagian ini.

Terkadang juga anda lalai dalam memilih oli mesin, menggunakan oli non pabrikan misalkan atau yang sudah kadaluarsa masa pakainya bisa menjadi penyebab pompa ini berkarat dan rusak.

Fungsi pompa oli yang awalnya berguna sebagai penyedot oli dari tampungan ke bagian mesin tidak bekerja maka sudah barang tentu akan bermasalah juga pada bagian kerja mobil yang bisa jadi tidak bisa dihidupkan.

Oil pressure regulator mampet

Sedotan pompa oli yang terkadang tidak normal khususnya dalam menaikan oli secara berlebih akan bisa di normalkan jika fungsi dari oil pressure ini masih bekerja dengan baik.

Kedua komponen ini saling melengkapi satu sama lain. Jika bagian ini rusak maka sudah pasti kemungkinan oli tidak akan naik ke bagian mesin dan bisa rembes ke mana-mana.

Filter oli tersumbat

Kerusakan pada filter sendiri sudah menjadi rahasia umum, idealnya anda memperhatikan kapan waktu terbaik mengecek dan mengganti filter ini. Patokan sederhana bisa cek pada bagian pedometernya jika sudah sampai 10 ribu kilometer maka filter saatnya diganti yang baru.

Selain filter kalian coba juga cek pada bagian oil cooler bisa jadi tersumbat. Oil cooler ini memiliki peran penting dalam memberikan keseimbangan suhu panas dibagian mesin menjadi lebih stabil.

Mampetnya komponen ini memberikan efek buruk salah satunya adalah oli tidak bisa bekerja maksimal. Yang terakhir anda bisa cek juga komponen seperti saluran oil main gallery.

Komponen ini sendiri dari sisi ketahanan dan kerusakan memang sangat jarang karena desainya yang kokoh. Namun beberapa faktor seperti banjir, kemudian kecelakaan akan bisa menyebabkan oil main ini rusak parah maka perlu anda pastikan juga kondisinya.

Related posts