Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi dengan Mudah

Perut kembung merupakan salah satu masalah kesehatan yang terlihat sepele namun sebenarnya sangat mengganggu. Nggak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, namun hal tersebut juga dapat menyerang si kecil lho!

Sebenarnya, kondisi perut kembung memang wajar menyerang bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan. Pada umumnya, masalah kesehatan tersebut disebabkan oleh saluran pencernaan buah hati yang belum berfungsi maksimal.

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Selain itu, beberapa faktor berikut ini juga turut menjadi penyebab perut bayi kembung yang wajib orang tua waspadai.

  1. Makanan yang Dikonsumsi Ibu Menyusui

Apabila bayi yang masih mengonsumsi ASI mengalami perut kembung, bisa jadi penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi oleh ibunya.

Maka dari itu, sangat penting bagi ibu menyusui untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi. Cobalah untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung gas kubis, brokoli, bawang, dan lain sebagainya.

  1. Makanan yang Dikonsumsi Bayi

Selain makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui, makanan yang masuk ke dalam tubuh bayi juga mempengaruhi. Jika si kecil sudah diberikan MPASI, sama seperti ibu, sebaiknya hindari makanan yang mengandung gas.

Selain itu, memberikan asupan cairan selain ASI seperti jus yang mengandung fruktosa juga dapat menyebabkan kembung serta diare pada buah hati.

  1. Dot Bayi

Nggak hanya makanan, pemilihan bentuk dot juga bisa memengaruhi masalah kembung pada bayi lho! Bunda harus pintar-pintar deh!

Usahakan nggak memilih ujung dot yang terlalu kecil karena hal tersebut memungkinkan lebih banyak udara masuk ke dalam perut bayi saat ia minum susu.

Cara Mentasi Perut Kembung Pada Bayi

Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? Tenag, jangan panik, berikut kami sertakan info mengenai cara mengatasi perut kembung pada bayi

  1. Menaruh Handuk Hangat Pada Perut Bayi

Handuk hangat yang ditaruh diatas perut bayi sangat dianjurkan untuk mengatasi perut bayi yang sedang kembung,cara ini lebih efektif ketimbang menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon.

  1. Memberikan Air Hangat

Bukan hanya menggunakan handuk hangat air hangat bisa juga digunakan untuk di minum kan pada bayi dengan cara mengisi botol susu nya dengan air hangat saja untuk diminum. Air hangat sangat bagus untuk perut bayi yang sedang kembung.

  1. Pijat Perut Bayi

Meskipun minyak telon tidak bisa menyembuhkan perut kembung tapi hanya menghangatkan saja, di sini kita bisa gunakan minyak telon untuk mengatasi perut kembung dengan cara memijat perut bayi dari bagian atas hingga bawah secara berulang-ulang dengan perlahan.

  1. Tepuk Bagian Belakang Bayi

Cobalah untuk menggendong bayi anda sambil menepuk – nepuk bagian belakang punggungnya ini akan membuat bayi merasa nyaman dan gas angin dalam perut bayi bisa keluar.

  1. Membuat Bayi Tertawa

Saat bayi mengeluarkan sendawa atau tertawa ini sangat bagus karena akan mempermudah keluarnya angin yang ada dalam perut bayi. Tapi biasanya sangat sulit untuk membuat bayi bisa tertawa saat perutnya sedang kembung.

Demikianlah cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan benar, seorang ibu yang cermat harus tahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukannya seperti terjadinya perut kembung yang sudah biasa atau hampir semua bayi pernah mengalami perut kembung ini. Semoga bermanfaat.

Related posts