Pahami !! Apa Saja Sih Perbedaan Perumahan Residence Dan Cluster

Perbedaan Perumahan Residence Dan Cluster

Kawasan industri yang semakin luas, pabrik-pabrik yang semakin banyak di bangun dimana-mana menandakan bahwa banyaknya kegiatan yang dilakukan manusia. Kegiatan itu tidak hanya sehari, dua hari tapi bertahun-tahun, berpuluh-puluh tahun bahkan ada banyak yang sudah menetap menjadi penduduk tetap kota tersebut. Dari banyaknya kariawan yang bekerja di perusahaan yang mayoritas adalah perantau. Banyak kariawan perusahaan yang telah menjadi pegawai tetap dan ingin memiliki rumah impian, karena pekerjaan sudah menjanjikan sehingga ingin menetap lama di tempat rantau.

Masyarakat berusaha memenuhi keinginan untuk memiliki rumah berdasarkan pada tingkat kemampuannya. Hunian yang ditawarkan pun berpariasi tipe diantaranya tipe 21, 36, 45, 54, dan tipe 60. Mulai dari hunian yang dikhususkan untuk masyarakat menengah kebawah, masyarakat menengah keatas sampai masyarakat elit yang berpenghasilan tinggi. Perumahan dengan berbagai fasilitas dan akses mudah yang ditawarkan, cukup menarik beberapa kalangan masyarakat. Selain itu pekerja mencari perumahan di Bogor yang berdekatan dengan moda transportasi, misalnya terminal, stasiun, proyek MRT atau bahkan proyek LRT. Bermacam – macam jenis perumahan yang bisa dipilih mulai dari perumahan regency, residence, cluster, atau town house. Selain itu juga wajib paham tips memilih rumah di perumahan. Banyak yang masih bingung dengan perumahan residence, regency, cluster perbedaannya apa. Tapi kali ini kita hanya akan membahas mengenai perbedaan perumahan residence dan cluster.

Perumahan residence

Perumahan residence biasanya memiliki konsep dan rancangan dalan desain kelompok bangunan yang sama tiap bangunannya. Tipe rumahnya juga biasanya sama, begitu juga dengan ukurannya sama pula. Perumahan residence biasanya hanya menyediakan beberapa unit rumah saja. Selain itu perumahan residence mengusung konsep desain perumahan sederhana dan minimalis. Letaknya biasanya di sub-urban yaitu dipinggiran kota yang mengandalkan lingkungan yang masih asri, dan bebas polusi. Perumahan residence dikhususkan bagi masyarakat menengah ke bawah. Jadi jika mau membeli rumah di perumahan residence tidak perlu memilih, karena bangunannya sama dan tipe nya juga sama. Paling cuma letak nya saja baru bisa memilih di depan apa di belakang.

Keuntungan memilih perumahan residence :

Harga yang relatif murah

Dengan harga yang relatif murah diharapkan masyarakat menengah ke bawah dapat memiliki rumah dan terbantu karena perumahan residence sesuai dengan kemampuan financial masing-masing orang.

Mudah dalam Bersosialisasi

Karena kedaan rumah yang sama dan dekatnya jarah rumah satu dengan yang lainnya, menjadikan sosialisasi cepat terjalin. Selain itu karena ada kesamaan tingkat ekonomi dan social pada masing-masing penghuni perumahan di Bogor.

Perumahan Cluster

Perumahan cluster merupakan kualitas perumahan yang memiki kualitas premium. Perumahan cluster biasanya sudah dilengkapi dengan bermacam fasilitas. Perumahan cluster biasanya dibangun di wilayah kawasan permukiman atau daerap perkantoran. Selain itu menejemen lingkungan perumahan cluster sangat moderen dan setiap rumah tertata rapih. Keamanan yang sangat terjamin karena 1 kali 24 jam diawasi keamanannya dengan menggunakan camera CCTV .

Bagi yang ingin berinvestasi, dengan memilih perumahan cluster sangat cocok sekali karena perumahan cluster memiliki nilai investasi tinggi. Rumah pada perumahan cluster sangat luas beda dengan perumahan jenis lain yang biasanya kecil. Rumah yang dibangun dalam satu lingkungan di kawasan perumahan cluster sangat banyak mencapai hingga ratusan.

Keuntungan memilih jenis perumahan cluster :

Nyaman dan Tertib

Karena diberlakukannya sistem satu jalur jalan kendaraan yang datang dan pergi pun menjadi tertib, teratur, dan terbatas. Selain itu penghuni perumahan juga leluasa membiarkan anak-anak untuk bermain di halaman rumah yang terbuka dengan nyaman karena suasana tertib.

Keamanan Maksimal

Keamanan menjadi factor utama yang ditawarkan perumahan jenis cluster. Tidak semua orang dapat keluar masuk sesuka hati karena ada persayaratan khusus jika mau masuk ke dalam, yaitu dengan menunjukan ID Card bagi pemilik rumah, selain itu tamu khusus saja yang bisa masuk.

Sosialisasi Terjaga

Karena tidak ada pagar yang menghalangi satu rumah dengan rumah yang lainnya, sehingga sosialisasi antar tetangga bisa terjalin dan keakraban akan terbina karena tingkat sosila dan ekonomi yang sama.

Lengkapnya Fasilitas

Fasilitas yang diberikan pengembang system cluster cukup lengkap sehingga penghuni dapat menikmatinya. Pasilitas yang diberikan berupa taman bermain, kolam renang, jogging track, pusat kebugaran dan lainnya.

Dapat kita simpulkan bahwa perumahan cluster memiliki standar konsep perumahan, berbeda dengan perumahan residence. Dapat dilihat dari fasilitas yang tersedia dan sistim keamanan, juga tipe rumah dan desain yang berbeda-beda pada setiap rumahnya. Sedangkan perumahan residence memiliki konsep sederhana dan minimalis. Tapi harga perumahan residence lebih murah dibanding perumahan cluster. Semua itu dipengaruhi oleh fasilitas dan bahan baku yang di gunakan untuk membangun rumah.

Jika kalian mencari rumah dengan harga murah yang sesuai kemampuan finansial kamu yang berpenghasilan standar, memilih perumahan residence adalah pilihan yang tepat. Tapi jika kamu sedang mencari perumahan di Bogor yang bagus dengan fasilitas lengkap dan keamanan yang terjamin, memilih perumahan cluster adalah pilihan yang cocok tapi kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkannya.

Related posts