Mengenal Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi

cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi, setidaknya satu kali seumur hidup. Sakit gigi akan menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu, kadang juga disertai gejala lain, mulai dari sakit kepala hingga demam. Apa sebenarnya penyebab sakit gigi dan bagaimana cara mengobati sakit gigi? Berikut ulasannya untuk Anda.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan kondisi di mana muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sakit gigi, antara lain adalah gigi berlubang, tumbuh gigi, gigi patah, gigi tanggal, peradangan atau infeksi, pembengkakan gusi, tumbuhnya gigi bungsu, permasalah kawat gigi dan bruxism—kebiasaan menggertakan gigi.

Beberapa gangguan bagian tubuh lain juga dapat menyebabkan penjalaran rasa nyeri pada gigi, seperti sinusitis, penyakit jantung, kanker paru-paru dan gangguan syaraf wajah—trigeminal neuralgia.

Gejala

Sakit gigi memiliki tingkat keparahan yang beragam, mulai dari nyeri ringan dan menimbulkan rasa tidak nyaman, hingga rasa nyeri yang luar biasa dan tidak tertahankan. Rasa sakitnya umumnya terasa seperti ditusuk-tusuk atau berdenyut. Beberapa kasus juga disertai dengan pembengkakan gusi, sakit kepala dan demam.

Gejala ini umumnya akan hilang dalam waktu paling lama 2 hari. Jika, berlangsung lebih lama atau disertai dengan bau busuk di dalam mulut, nyeri saat mengunyah, gusi bengkak, sulit menelan, sesak nafas, sulit dan sakit saat membuka mulut dan nyeri telinga, segeralah konsultasikan ke dokter.

Pengobatan

Pengobatan yang paling efektif tentu saja dengan berkonsultasi ke dokter guna mencari tahu apa penyebab utama, sehingga pengobatannya lebih tepat. Namun, jika gejala yang muncul masih ringan, ada cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Membersihkan Gigi

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami sakit gigi adalah membersihkan gigi. Anda bisa mencoba menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi—dental floss—untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut. Jika perlu, berkumurlah dengan obat kumur antiseptik atau air hangat untuk membunuh bakteri yang penyebab sakit gigi.

  1. Kompres Es

Cara ini efektif untuk mengatasi sakit gigi yang disertai dengan pembengkakan. Anda bisa mengompres pipi dengan menggunakan es batu selama 15—20 menit, cara ini bisa Anda ulangi 2—3 kali sehari. Pengompresan ini dapat menyebabkan saraf gigi menjadi kebas untuk sementara, sehingga rasa sakit pun akan menghilang.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika cara di atas tidak memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa minum obat pereda nyeri yang bisa dibeli tanpa resep dokter, seperti paracetamol, ibuprofen, asam mefenamat, natrium diclofenac atau naproxen. Pastikan Anda membaca aturan pakai obat tersebut secara seksama sebelum mengonsumsinya.

Demikian ulasan singkat tentang penyebab dan cara mengobati sakit gigi. Pencegahan juga bisa Anda lakukan dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, seperti menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, membatasi konsumsi makanan manis, berhenti merokok dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Related posts