Mau Mujur Saat Pindah Rumah? Lakukan Hal Ini!

Membeli rumah dijual Jogja merupakan momen yang paling menguras emosi, terlebih lagi jika itu merupakan pertama kali bagi Kamu. Menabung mengumpulkan uang untuk membeli tempat tinggal yang nyaman tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Waktu untuk mengumpulkan dan menabungng pun tidak bisa dikatakan sebentar. Kerja keras dan usahamu tentusangat diuji pada masa itu. Kini saatnya Kamu membeli dan menempati rumah yang selama ini Kamu idamkan. Pindah ke rumah baru sama artinya dengan memulai hidup baru. Dan kehidupan di rumah baru tentunya diharapkan akan lebih baik dari sebelumnya. Namun sebelum pindah rumah, ada beberapa hal yang harus Kamu diperhatikan.

Konon, kata orang-orang tua dulu pindah rumah tak boleh sembarangan alias ada aturannya supaya terhidar dari marabahaya dan agar keberuntungan selalu menyertai keluarga Kamu di tempat baru. Percaya atau tidak, nyatanya hal ini tetap harus kita lakukan guna berjaga – jaga. Untuk itu, yuk mari kita simak beberapa hal yang harus Kamu lakukan saat pindah rumah.

Pastikan semua telah siap

Saat pindah rumah, pastikan semua hal di rumah baru sudah siap. Mulai dari perabotan, air, listrik, dan sebagainya. Dengan demikian Kamu dapat langsung menempati dan beraktivitas seperti biasa. Hal ini penting dilakukan untuk untuk menghindari keributan yang disebabkan ketidaksiapan akibat pindah ke rumah baru. Catat dan buat daftar barang – barang apa saja yang Kamu bawa, pisahkan dalam dus yang dibungkus dengan aman, beri nama agar tidak tertukar.

Pilih hari baik

Menurut beberapa kepercayaan di Indonesia, sebaiknya Kamu memilih hari baik sebelum pindah rumah. Misalnya, masyarakat Jawa Timur percaya bahwa pindah rumah tidak baik dilakukan saat musim hujan atau bulan puasa. Cukup logis karena pindah di musim hujan tentu akan merepotkan saat proses pengangkutan perabotan. Sementara di bulan puasa tentu akan menguras tenaga. Lain lagi dengan masyarakat Jawa Tengah yang biasanya menggunakan hari lahir untuk menentukan hari baik. Boleh dipercaya atau tidak, mungkin Kamu bisa sekadar menghormati budaya memilih hari baik.

Jangan pindah malam hari

Hindari pindah rumah di malam hari karena akan lebih merepotkan karena penerangan di luar minim. Belum lagi akan membuat kegaduhan yang mengganggu tetangga Kamu. Pindah rumah di malam hari juga dapat mengundang penjahat untuk mengincar rumah Kamu. Kamu tentu tidak ingin mengalami kejadian buruk ketika baru saja akan menikmati hari yang paling bahagia dalam hidupmu. Idealnya, proses pindah rumah dilakukan sejak pagi dan berakhir tengah hari sekitar pukul 13.00, agar pemilik rumah dapat beristirahat setelahnya. Setelah istirahat Kamu memiliki waktu untuk lanjut merapikan perabot-perabot dalam hunian.

Mengundang tetangga sekitar

Maksudnya adalah menggelar pengajian dan doa bersama sesuai adat, kepercayaan, dan agama masing-masing. Lakukan doa bersama di rumah dijual Jogja baru beberapa hari sebelum pindah rumah dengan mengundang tetangga sekitar. Jika memiliki dana lebih Kamu juga bisa mengundang beberapa anak yatim piatu. Acara ini sekaligus momen yang tepat untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri Kamu dan keluarga kepada tetangga baru.

Beras dan air bersih

Bawalah beras dan air saat pindah rumah. Menurut Feng shui, beras melambangkan kemakmuran, sedangkan air melambangkan kelimpahan rezeki. Beras dan air bersih harus dibawa masuk lebih dahulu saat pindah rumah. Diharapkan dengan membawa dua hal ini Kamu dan keluarga selalu dilimpahi banyak rezeki yang memberikan kemakmuran bagi keluarga sehingga kehidupan menjadi lebih baik.

Pindah rumah dengan riang gembira

Rumah lama mungkin menyisakan banyak kenangan untuk Kamu sehingga bisa jadi akan membuat Kamu bersedih. Redakan dahulu kesedihan hati Kamu sebelum pindah rumah. Sebaiknya awali sesuatu yang baru dengan keceriaan dan perasaan senang. Jadi pastikan mulai pindah rumah saat suasana hati Kamu, pasangan, dan keluarga sedang berbahagia sehingga banyak senyum dan candaan terlempar yang secara tak langsung menghadirkan atmosfer positif pada hunian baru Kamu.

Fogging/pengasapan

Lakukan fogging dan bersih-bersih rumah beberapa hari sebelum pindah ke rumah baru. Ini berguna untuk membasmi nyamuk, serangga, dan binatang liar lain yang mungkin bersarang di rumah Kamu. Dengan begitu Kamu akan lebih nyaman saat pindah ke rumah baru. Tentu Kamu tidak akan mau tinggal di tempat baru dengan kondisi rumah yang masih ada penghuni lainnya bukan ? hindari untuk langsung pindah ketika rumah baru belum siap untuk ditempati.

Gantungkan lonceng angin dekat jendela

Di dalam Feng Shui, lonceng angin bernada tinggi dipercaya dapat mengusir energi buruk dari dalam rumah. Jadi, gantungkan beberapa lonceng di dekat jendela Kamu. Selain itu, mendengar suara lonceng akan membuat Kamu lebih relaks.

Itulah beberapa hal yang bisa Kamu lakukan ketika pindah ke rumah dijual Jogja yang baru saja Kamu miliki. percaya atau tidak hal – hal diatas bila dilakukan akan membuat suasana rumah dan keluargamu menjadi menyenangkan ketika menetap di rumah baru tersebut. Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan agar seluruh penghuni rumah menjadi betah dan tidak jenuh.

Related posts