Manfaat Reksadana Pasar Uang

Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Dari sekian banyak instrumen investasi, salah satunya adalah reksadana. Mungkin istilah ini sedang populer belakangan ini. Reksadana merupakan jenis investasi di mana modal dari para investor dikumpulkan dalam satu wadah dan dikelola oleh seorang Manajer Investasi. Reksadana ada banyak macamnya, ada reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana pasar uang. Salah satu investasi reksadana yang cukup banyak peminatnya adalah reksadana pasar uang. reksa dana pasar uang merupakan reksadana yang khusus berinvestasi di pasar uang yang meliputi deposito berjangka, obligasi jangka pendek, dan Sertifikat Bank Indonesia. Jika Anda tertarik untuk menginvestasikan uang Anda di reksadana ini, berikut manfaat reksadana pasar uang yang bisa Anda dapatkan.

Bisa Dimulai Dengan Modal yang Minim

Jika Anda berpikir bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki kekayaan lebih seperti properti atau saham dengan miliaran rupiah, atau jika Anda ingin investasi deposito berjangka yang harus punya minimal uang 5 juta rupiah, maka tidak demikian dengan reksa dana pasar uang. Untuk bisa bergabung dalam investasi reksadana pasar uang, Anda hanya memerlukan modal sebesar 100 ribu rupiah saja. Daripada uang sebesar 100 ribu rupiah Anda gunakan untuk berbelanja atau habis begitu saja, maka tak ada salahnya untuk menempatkannya di reksadana pasar uang. satu hal yang perlu diketahui, retur yang akan Anda dapatkan ketika menempatkan uang sebesar 100 ribu rupiah maupun 10 juta perbandingannya tetap sama. Sangat terjangkau, bukan?

Manfaat Reksadana Pasar Uang

Uang Investasi Bisa Ditarik Sewaktu-waktu

Berbeda dengan investasi seperti deposito yang mengharuskan investor untuk menunggu hingga jangak waktu tertentu untuk menarik kembali uangnya, hal ini tidak demikian dengan investasi reksadana pasar uang. jadi, ketika Anda memerlukan dana Anda sewaktu-waktu karena keperluan mendadak, Anda bisa menarik uang Anda saat itu juga. Memang beberapa instrumen investasi ada yang memperbolehkan investornya untuk menarik modal mereka sebelum jatuh tempo, pada umumnya akan dikenakan denda. Jika Anda menginvestasikan uang di reksadana pasar saham, Anda tidak akan dikenai denda ini meskipun mengambil sebelum jatuh tempo. Anda tinggal mendatangi bank tempat Anda mendaftar reksa dana pasar uang kemudian ajukan permohonan pencairan dana investasi. Bahkan, pencairan ini juga bisa dilakukan secara online, lho!

Bunga yang Sama untuk Semua Jangka Waktu

Satu hal yang menarik dari reksadana pasar uang ini adalah bahwa presentase bunga yang diberikan sama untuk semua jumlah nominal dan jangak waktu. Bagi Anda yang pernah berinvestasi di deposito berjangka, pasti paham perbedaannya. Di deposito berjangka, besarnya suku bunga dipengaruhi oleh nominal uang yang Anda depositokan dan juga jangka waktu. Semakin banyak uang Anda dan semakin lama jangka waktu yang Anda pilih, maka suku bunganya juga lebih besar. Berbeda dengan reksa dana pasar uang. Di sini, suku bunga yang Anda dapatkan tidak dipengaruhi oleh jangka waktu Anda berinvestasi maupun besarnya nominal modal Anda. Kapan pun Anda menarik uang Anda kembali, suku bunga yang Anda dapatkan tidak memiliki perbedaan.

Keuntungan Investasi Relatif Lebih Tinggi

Besarnya bunga yang Anda dapatkan dipengaruhi oleh fluktuasi pasar dan modal reksadana tidak hanya ditempatkan pada satu jenis instrumen investasi. Oleh sebab itu, kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga semakin tinggi. namun perlu juga diingat bahwa, keuntungan yang besar ini tidak selamanya akan demikian. Karena dipengaruhi oleh kondisi pasar, maka Anda juga harus waspada bahwa kondisi pasar juga terkadang mengalami penurunan. Oleh sebab itu, selain keuntungan yang tinggi ada juga risiko kerugian yang Anda harus siap hadapi.

Manfaat menginvestasikan uang Anda pada reksadana saham cukup menarik, bukan? Tak harus menunggu memiliki modal yang cukup untuk bisa berinvestasi karena melalui reksadana pasar uang, Anda bisa memulainya dari titik terendah sekalipun. Jika Anda telah membulatkan tekad dan ingin memulai investasi reksadana pasar uang perdana Anda, silahkan kunjungi PT. Bank DBS untuk wilayah sekitar Jabodetabek. PT. DBS menawarkan layanan investasi berupa Reksa Dana Pasar Uang yang menyediakan likuiditas dan mampu menciptakan pelestarian kekayaan.

Related posts