Ketahui Perkembangan Janin Sejak Dini

Tahap Perkembangan Janin Sejak Dini

Trimester kehamilan adalah istilah kedokteran yang digunakan untuk mengukur usia kandungan pada wanita hamil. Adapun penggunaan waktu tersebut dilakukan guna mengetahui perkembangan janin secara dini sehingga tindakan medis dapat dilakukan dengan cepat untuk melindungi kesehatan baik si ibu dan calon si kecil.

Pada proses kehamilan, trimester ini terbagi menjadi tiga fase sesuai dengan pertumbuhan fisik bayi. Adalah trimester pertama, kedua dan ketiga yang menggunakan ukuran minggu untuk mengetahui perkembangan janin.

Trimester kehamilan yang pertama, – berlangsung dari minggu 0 – 12 – dimana pada saat ini terjadi pembuahan oleh sperma saat hari pertama menstruasi terakhir. Telur yang sudah dibuahi akan bergerak dari tuba fallopi dan menempel ke dinding uterus. Di minggu 3 hingga 8, mulai terbentuk syaraf pusat, organ-organ utama dan struktur anatomi. Mata, hati serta lidah juga sudah mulai kelihatan dengan ukuran embrio 1,3 cm. Di usia ini, aktifitas otak sangat tinggi dan pertumbuhan oto semakin tumbuh dengan cepat.

Pada trimester kehamilan kedua, alat ultrasongrafi sudah dapat mengecek posisi janin, plasenta dan mengetahui ada tidaknya bayi kembar. Pada trimester kedua ini, dimana rentang waktunya antara minggu 12 hingga 24, jaringan kuku, rambut dan kuku mulai berkembang dan mengeras. Bahkan, indera penglihatan dan pendengaran mulai berfungsi.

Sementara pada trimester kehamilan yang ketiga, yaitu pada masa usia kandungan sudah memasuki minggu 24 hingga 40, semua organ tubuh mulai terbentuk sempurna. Janin pun sudah menunjukkan aktifitas yang terkoordinasi dengan baik. Masa tidurnya pun lebih lama dibandingkan dengan masa bangun. Begitu juga dengan paru-paru yang berkembang dengan sempurna. Sehingga, pada bulan ke-9, janin siap untuk dilahirkan dan kisaran berat bayi normal adalah 3 hingga 3,5 kg.

Itulah penjelasan sederhana tentang trimester kehamilan yang harus diketahui dengan pasti sehingga harapan akan bayi yang lahir sehat secara jasmani maupun jiwa akan terwujud. Tidak sulit untuk mengetahui perkembangan janin saat ini, karena teknologi di dunia kedokteran sudah semakin canggih. Jadi, segera periksakan kandungan ke para ahli kesehatan sekarang juga.

Related posts