Kenali Beda Biji Kopi Robusta dan Arabica Agar Tidak Salah Pilih

Kenali Beda Biji Kopi Robusta dan Arabica Agar Tidak Salah Pilih

Secara umum, terdapat 2 jenis kopi yang dikenal yaitu robusta dan arabika. Sayangnya, belum semua penikmat kopi mengetahui beda biji kopi robusta dan arabica dengan tepat. Padahal, keduanya memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Oleh sebab itu, agar Anda tidak salah membeli biji kopi favorit maka sebaiknya Anda mengenali perbedaannya.

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Sebenarnya, kedua kopi tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Sayangnya, bagi yang belum terbiasa tentu akan sulit melihat perbedaannya. Berikut merupakan beberapa contoh perbedaan antara kopi robusta dengan arabika yang mudah dikenali.

  1.   Bentuk serta tekstur kopi

Kopi robusta cenderung bulat dan lebih padat. Sementara itu, kopi arabika lebih lonjong dan cenderung pipih. Bentuk garis yang ada di tengah biji kopi juga berbeda, garis di biji kopi robusta cenderung berkelok sementara pada biji arabika lebih lurus. Dalam bentuk bubuk, kopi robusta cenderung lebih kasar dibandingkan kopi arabika.

  1.   Rasa dan aroma kopi

Dari segi aroma, kopi robusta memiliki aroma serta rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan kopi arabika. Selain itu, kopi ini juga mudah diolah sehingga banyak disukai. Akan tetapi, bagi penikmat kopi yang menginginkan kopi dengan cita rasa serta aroma yang kaya maka kopi arabika lebih direkomendasikan.

Perbedaan aroma dikarenakan kopi robusta dan arabika melalui proses roasting yang berbeda. Saat masih berupa biji kopi segar, masing-masing mengeluarkan aroma yang menyegarkan. Namun, setelah melalui berbagai proses pengolahan, biji kopi tersebut akan mengeluarkan berbagai aroma yang unik tergantung dari kondisi lahan penanamannya.

  1.   Harga

Dari segi harga, kopi arabika cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kopi robusta. Di pasaran, jenis kopi robusta cenderung memiliki harga yang lebih stabil karena rasanya yang mirip. Rata-rata, kopi robusta yang telah digiling dijual dengan harga Rp 30-50 ribu tergantung kualitasnya. Sementara kopi arabika dijual sekitar Rp 50-250 ribu.

Kopi arabika instan terbaik

Meski cenderung mahal, kopi arabika dikenal sebagai kopi dengan cita rasa dan aroma yang unik. Maka tidak heran jika banyak pencinta kopi yang lebih menyukai jenis kopi ini. Untungnya, saat ini telah tersedia merek-merek kopi yang menghadirkan kopi arabika dengan harga yang cukup terjangkau.

Salah satunya tentu saja adalah Nescafe Dolce Gusto. Produk kopi ini memiliki varian berupa Grande Intenso yang dibuat dari biji kopi arabika murni. Kopi yang dikemas dalam bentuk kapsul ini dikenal memiliki rasa creamy yang cukup kental serta memiliki aroma perpaduan antara buah dan bunga.

Varian Dolce Gusto sendiri bisa dikatakan cukup lengkap. Selain Grande Intenso, Anda juga bisa memilih varian Espresso Intense yang merupakan campuran antara kopi robusta dan arabika. Rasanya dinilai kuat dengan aroma serta rasa buah serta rempah yang harum.

Sebagai penikmat kopi tentu saja hal tersebut patut untuk dicoba. Meskipun Anda belum mengetahui beda biji kopi robusta dan arabica dari bentuk serta teksturnya tapi Anda bisa mempelajarinya dari rasa serta aromanya. Dengan begitu, Anda tidak akan tertipu jika ingin membeli biji kopi arabika segar sendiri.

Related posts