Kandungan Nutrisi Yang Disarankan Dalam Makanan Untuk Anak Kucing

Kandungan Nutrisi Yang Disarankan Dalam Makanan Untuk Anak Kucing

Bayi kucing merupakan fase kehidupan kucing yang sangat menggemaskan. Dimana mereka tidak dapat melakukan apapun beberapa hari setelah dilahirkan. Kegiatan yang mereka lakukan adalah menyusu kepada induk mereka. Sama seperti bayi yang dilahirkan dengan mata terpejam dan baru akan melihat dunia sekitarnya beberapa hari setelah dilahirkan, kucing pun sama. Kucing baru akan membuka matanya setelah sekitar 3 hari dilahirkan.

Anak kucing terlahir dengan tubuh ringkih dan juga sangat rendah imunitasnya. Mereka dapat terkena penyakit apapun ketika usia sedini itu. Pengadopsian kucing jalanan sedini mungkin dapat mengurangi resiko tersebut. Namun, anda harus memperhatikan kebersihan kucing dan juga membawanya ke dokter untuk melakukan check up kesehatan karena anda tidak tahu mereka membawa penyakit apa.

Pengadopsian kucing jalanan menjadi kucing peliharaan anda merupakan kegiatan yang mulia. Dimana hal tersebut mencegah kematian dini pada anak kucing. Bisanya angka harapan hidup anak kucing akan rendah ketika mereka dilahirkan di jalanan. Hal ini dikarenakan anak kucing akan terkena bakteri ataupun virus dari luar lingkungan yang bervariasi. Sehingga dibutuhkan perawatan untuk anak kucing sedini mungkin

Anak kucing yang anda adopsi dapat diberikan makanan berupa susu formula untuk mengganti susu ibu mereka. Susu formula dapat menjadi makanan pengganti susu ibunya. Ketika telah berusia 4 bulan, anda diperbolehkan memperkenalkan makanan dalam bentuk halus kepada anak kucing sebagai pengganti susu untuk anak kucing. Makanan dalam bentuk basah dan halus akan memudahkan pencernaan kucing dalam mendapatkan nutrisi.

Makanan pengganti susu untuk anak kucing dalam bentuk basah baiknya mengandung 30% protein dan lemak sebanyak 9% menurut AAFCO yang merupakan salah satu panduan produksi makanan kucing. usahakan anda memberikan makanan kucing yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kucing anda. Sebab, anak kucing yang anda pelihara tidak mengkonsumsi susu induk mereka dan mereka akan bergantung kepada makanan pengganti susu untuk anak kucing.

Ada beberapa kandungan yang dapat menjadi panduan anda dalam memilih makanan pengganti susu untuk anak kucing yang disarankan yakni :

  1.     Mengandung probiotik sebagai daya imun anak kucing
  2.     Mengandung Omega 3 dan Omega 6 untuk mendukung tumbuh kembang kucing
  3.     Mengandung serat inulin yang berfungsi melindungi sistem pencernaan mereka
  4.     Mengandung vitamin A dan E yang berguna untuk imunitas dan kesehatan kulit anak kucing
  5.     Mengandung kalsium, fosfor dan zinc yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan kesehatan kulit kucing

Beberapa nutrisi tersebut setidaknya ada dalam menu makanan harian pengganti susu untuk anak kucing yang berusia 4 minggu. Jika anda melewatkan satu zat nutrisi dikhawatirkan kucing anda rentan terkena penyakit dan pertumbuhannya tidak optimal.

Related posts