Jiwa Tenang Bila Memanfaatkan Asuransi Perlindungan Diri

Asuransi Perlindungan Diri

Asuransi jiwa sifatnya sangat penting bagi para semua orang. Keberadaannya memberikan ketenangan. Oleh karenanya, disarankan untuk memanfaatkannya sebelum memutuskan pergi liburan.

Bagi orang yang sering disibukkan oleh pekerjaan, waktu libur biasanya dimanfaatkan penuh. Liburan harusnya lebih ekslusif. Mengingat liburan akan memberikan waktu bebas untuk mengembalikan kesegaran, bahkan menciptakan keakraban dalam keluarga.

Biasanya, liburan dilakukan di luar negeri. Tapi, ada juga yang memanfaatkannya untuk berlibur di domestik saja. Misalnya berlibur di Lombok atau tempat keren lainnya.

Selama beberapa hari kedepan, traveler perlu sebuah jaminan. Jaminan ini berupa penjagaan terhadap kondisi traveler, bahkan rumah yang ditinggalkannya. Jaminan tersebut tercetus dalam travel insurance.

Pengertian Dari Asuransi Jiwa

Resiko bepergian itu banyak sekali. Contohnya adalah sakit ataupun kecelakaan dalam perjalanan. Keadaan ini sebenarnya memaksa traveler untuk berfikir lebih keras dalam melindungi dirinya sendiri.

Tetapi, permasalahan seperti itu bisa dibantu penanganannya jika Anda memanfaatkan asuransi jiwa. Pasalnya, ini berhubungan dengan layanan jasa dimana pihak pemberi jasa akan mencoba yang terbaik dalam memberikan solusi penanganan selama liburan.

Kendala seperti kecelakaan, salah satu anggota mengalami sakit dalam perjalanan bisa segera ditangani. Setidaknya, biaya pengobatan akan dibantu oleh penyedia jasa.

Dilihat dari penjabaran di atas, Anda tentunya bisa memahami apa pengertian dari asuransi tersebut bukan? Jika dijabarkan, asuransi jiwa atau perlindungan diri adalah sebuah jaminan perlindungan terhadap diri pribadi atau keluarga meliputi kesehatan, resiko kecelakaan dan lainnya selama melakukan liburan.

Perlindungan ini mencakup penanganan atas kecelakaan, kesehatan, ataupun kondisi-kondisi yang tidak diinginkan. Jika Anda memanfaatkannya, hampir pasti jika Anda akan memperoleh liburan yang lebih tenang. Maksudnya, tidak ada kekhawatiran selama perjalanan berlangsung.

Manfaat Dari Asuransi Dalam Perjalanan

Jaminan apa saja yang diberikan untuk pengguna asuransi jiwa terbaik? Mungkin inilah yang Anda tanyakan. Tentunya untuk memastikan apa yang bakal didapatkan selama memanfaatkannya.

Baca juga: Ini Manfaat Asuransi Secara Umum dan Khusus

Memang benar, hal ini harus dilakukan. Tujuannya adalah agar tidak salah memilih jaminan. Jadi, klaim bisa dilakukan dan diterima oleh pihak penjamin.

Mengenai jaminan dalam perjalanan, jaminan tersebut meliputi banyak hal. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Perlindungan atas kecelakaan

Tidak ada yang tahu bahkan tidak ada yang mau mengalami kecelakaan. Tetapi, kadang keadaan tersebut bisa terjadi. Entah Anda mengendarai kendaraan sendiri ataupun tidak.

Ketika terjadi kecelakaan dalam perjalanan, Anda bakalan memperoleh perlindungan secepatnya. Contohnya adalah biaya-biaya terkait kondisi tersebut.

Catatan untuk penerima jaminan ini adalah yang mengalami kecelakaan tidak disengaja. Jika terbukti sengaja, atau melakukan tindakan yang menyebabkan dirinya celaka (misalnya minum minuman keras), maka tidak ada perlindungan dari pihak penjamin.

  • Jaminan kesehatan pengguna jasa

Terkadang, ada juga anggota keluarga yang diajak mengalami sakit. Sakit seperti ini bisa saja terjadi, misalnya terjatuh dan lain sebagainya.

Ketika memanfaatkan asuransi, Anda bisa memperoleh keringanan biaya dalam pengobatan. Biaya pengobatan bisa ditanggung oleh pihak penjamin.

Syarat memanfaatkannya adalah sakit yang dialami terjadi selama liburan. Jika sakit dialami sebelum liburan, dan kondisinya parah saat berlibur, biaya pengobatan bukanlah tanggungan dari penjamin.

  • Ganti rugi kerusakan barang pribadi

Kerusakan bagasi atau kehilangan barang-barang berharga kadang terjadi. Misalnya mengalami pengalaman tidak enak lantaran dibobol oleh pencuri dan lain sebagainya.

Kehilangan barang seperti ini menjadi tanggungan dari penyedia jasa asuransi. Syaratnya Anda mematuhi aturan berlaku. Contohnya adalah memarkir kendaraan di tempat yang benar.

Masih banyak sekali perlindungan yang akan didapatkan. Ini meliputi pergantian biaya, ganti rugi, sampai biaya pemulangan jenazah bila si pengguna meninggal selama liburan. Jadi, Anda tidak terlalu repot karena terbantu dengan adanya jaminan tersebut.

Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Terbaik

Biasanya, seseorang telah memiliki asuransi sendiri sebelumnya. Ini tentunya akan membuat tumpang tindih jika membeli premi yang perlindungannya sama. Dengan kata lain, Anda hanya buang-buang duit.

Mengingat pengeluaran biaya, solusi terbaik adalah memilih dengan bijak. Bagaimana cara memilih asuransi jiwa terbaik untuk perjalanan Anda? Simak tipsnya berikut ini.

  • Pertama, perhatikan besarnya perlindungan yang diberikan

Di sini, Anda perlu memahami apa saja yang ditanggung oleh penyedia jasa. Cermati semuanya untuk memastikan kesamaan dengan asuransi yang sudah dimiliki. Jika dirasa memiliki kesamaan, alihkan dengan jenis asuransi lainnya.

Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya. Misalnya, belilah asuransi yang berhubungan dengan kehilangan barang. Pasalnya, ini tidak berlaku pada produk yang mungkin sudah Anda beli sebelumnya.

  • Kedua, pahami luas perlindungannya

Normalnya, pihak penjamin telah membatasi lingkup daerah yang bisa dijamin. Dengan kata lain, ada satu daerah dimana Anda tidak bisa memanfaatkannya. Contohnya adalah tempat yang rawan bencana atau tempat rawan konflik.

  • Ketiga, lamanya waktu asuransi

Biasanya hal ini tidak dicermati oleh pengguna jasa. Ini membuat kerugian sendiri. Mahal biayanya, tapi tidak digunakan secara penuh.

Contoh kasusnya adalah lama asuransi sekitar 1 bulan, tetapi liburan hanya dilakukan selama seminggu saja. Jadi, masih ada sisa sekitar 3 mingguan.

Masalahnya, 3 minggu sisanya ini tidak bisa digunakan. Pasalnya, jaminan hanya berlaku bila Anda dalam masa liburan. Jika tidak, tentu saja sisa waktunya hanya sia-sia saja. Oleh karenanya, pilihlah yang sesuai waktu untuk menghemat biaya.

Cara Klaim Asuransi Jiwa

Ketika mengalami kondisi tidak menyenangkan di perjalanan, Anda bisa memanfaatkan asuransi. Tentunya, kondisi tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk memperoleh perlindungan.

Di sini, Anda bisa klaim sendiri. Caranya cukup mudah, bisa memanfaatkan media internet. Prosedurnya disesuaikan dengan jenis kondisi tidak mengenakkan. Artinya, kondisi tertentu berbeda cara klaimnya. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan informasinya berikut.

  • Klaim kehilangan barang

Sebelum mengajukan klaim, persyaratan harus dipenuhi. Syaratnya adalah kelengkapan dokumen. Dokumen tersebut adalah fotocopy tiket, fotocopy paspor jika liburan luar negeri, serta formulir klaim yang sudah ditandatangani.

Setelah itu, lengkapi juga dengan laporan polisi. Jadi, Anda juga harus melaporkan kehilangan barang di polisi. Minta suratnya dan jadikan sebagai lampiran untuk klaim.

Selanjutnya adalah kwitansi pembuatan dokumen perjalanan baru. Dengan dokumen tersebut, klaim bisa diproses. Ganti rugi barang bakalan didapatkan dengan mudah.

  • Klaim kehilangan uang

Syarat utamanya hampir sama dengan sebelumnya. Yakni fotocopy tiket dan paspor serta formulir klaimnya.

Persyaratan tambahannya adalah laporan polisi. Minimal sudah lewat 24 jam. Biasanya, laporan baru diproses oleh pihak berwenang.

Kemudian, lampirkan juga bukti penarikan uang. Di sini, Anda perlu membuktikannya, misalnya jam berapa dan nominalnya sebesar apa.

Baru kemudian laporan pada penyedia traveler check. Semuanya harus diberitahukan agar Anda memperoleh ganti rugi sejumlah uang yang hilang. Pastinya, kelengkapan tersebut menjadi bukti konkrit.

Intinya, kelengkapan dokumen kehilangan harus tersedia. Jika tidak, klaim akan ditolak. Ganti rugi yang diharapkan tidak akan diperoleh.

Demikianlah ulasan mengenai serba-serbi asuransi. Bila Anda ingin memperoleh liburan ekslusif, tidak ada kekhawatiran selama perjalanan, maka solusinya adalah memanfaatkan asuransi perjalanan.

Related posts