Jika Tidak Ingin Tertipu Ketika Belanja Online, Belanja Di iLotte.com

Jika Tidak Ingin Tertipu Ketika Belanja Online, Belanja Di iLotte.com

Di Indonesia sekarang ini transaksi online sudah menjadi trend terlebih dikalangan masyarakat urban. Pasalnya proses belanja online tersebut menawarkan berbagai kemudahan didalam mendapatkan berbagai keperluan sehari hari. Ketika kamu ingin membeli sebuah produk yang dibutuhkan, kamu hanya perlu membuka laptop ataupun smartphone yang terhubung dengan internet, lalu akan berjalan dengan sangat mudahnya proses pencarian dan pembelian barang yang diinginkan.

Meski sekarang ini di Indonesia transaksi online sudah banyak dilakukan oleh masyarakat modern tetapi ternyata masih banyaknya oknum toko online yang tidak bertanggungjawab, dimana mereka menyebabkan konsumennya merasa tertipu. Dan bahkan angka kerugian yang diderita oleh mereka yang merasa tertipu itu bisa dibilang cukup besar. Dan bahkan diantara mereka ada yang menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah dari pembelian di internet. Pastinya kamu tidak ingin kan mengalami hal yang seperti itu ketika belanja online.

Supaya tidak menjadi korban penipuan ketika belanja online, kamu harus mengetahui terlebih dahulu ciri ciri toko online penipu dan cara menghindarinya. Lalu apa ciri ciri dari toko online penipu dan bagaimana cara menghindarinya?

Berikut 4 ciri toko online penipu diantaranya yaitu :

  1. Menawarkan Harga Yang Tidak Wajar

Ketika kamu menemukan sebuah toko online yang menawarkan harga yang sangat murah atau jauh dari harga normal. Sebaiknya kamu jangan mudah tergiur dengan penawaran tersebut, karena bisa saja hal tersebut merupakan tindakan nakal dari toko online palsu yang mengiming imingi barang dengan harga sangat murah supaya korbannya terjerat.

Mereka biasanya akan beralasan sedang “cuci gudang” sehingga akan menawarkan barang dengan harga yang sangat jauh berbeda dengan harga aslinya. Sebagai contohnya saja adanya sebuah toko online yang menawarkan smartphone iPhone 8 hanya dengan harga Rp. 750.000 saja. Maka sudah dapat dipastikan jika toko tersebut merupakan online shop palsu atau penipu.

  1. Menggunakan Alamat Website Dari Domain Gratisan

Karena para oknum penjual nakal tersebut berniat untuk melakukan penipuan maka pastinya mereka akan selalu berusaha untuk melakukan pengeluaran yang minim dengan membuat website dari domain gratisan. Pasalnya selain membuatnya mudah tetapi domain gratisan mereka juga akan susah untuk dilacak. Ketika kamu menemukan sebuah toko online yang menggunakan domain dari blogspot.com, wordpress.com, .co, .pe, .hu, .ml, .tk, .esy, .es, .ga, maka kamu harus mewaspadai karena semua domain atau alamat website yang menggunakan akhir tersebut adalah gratis dimana bisa digunakan oleh semua orang.

Meski begitu kamu harus tetap berhati hati karena sekarang ini banyaknya penipu online yang berusaha menyakinkan calon korbannya dengan menggunakan domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .info, .online dan beberapa domain resmi lainnya. Oleh karena itu kenali terlebih dahulu toko toko online palsu lain supaya kamu tidak terjebak dengan aksi nakal toko online palsu.

  1. Memiliki Banyak Rekening Dengan Bank Yang Berbeda Beda

Toko online palsu juga biasanya akan menggunakan banyak nomor rekening dari bank yang berbeda beda. Karena jika toko online resmi itu hanya akan menggunakan satu nama rekening saja untuk semua bank. Sedangkan toko online palsu akan menggunakan banyak nomor rekening dengan nama yang berbeda beda.

Hal tersebut dikarenakan mereka itu bekerja berkomplotan sehingga akan berbeda beda nama pemilik rekeningnya. Sebagai contohnya si “A” menggunakan nomor rekening bank BRI, sedangkan si “B” menggunakan nomor rekening Bank Mandiri. Begitu juga untuk nama yang tercantum pada nomor rekening bank lainnya yang berbeda padahal hanya untuk satu toko online saja, maka sudah sepatutnya dari awal kamu harus mencurigainya.

  1. Tidak Bersedia Untuk Diajak Transaksi Sistem COD

Biasanya ciri toko online palsu yang satu ini terdapat pada penjual toko online pribadi yang menawarkan barang dagangannya melalui akun media sosialnya. Ketika mereka menawarkan barang dan diajak untuk sistem COD (Cash On Delivery) atau sistem pembayaran dengan ketemuan secara langsung tetapi penjualnya menolak, maka sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk membeli barang di toko online tersebut.

Belanja Di iLotte

Berikut 5 cara supaya tidak menjadi korban penipuan toko online diantaranya yaitu :

  1. Jangan Pernah Tergiur Dengan Penawaran Harga Murah

Menawarkan barang bagus dengan harga yang murah merupakan modus yang sering dilakukan oleh para oknum pemilik toko online penipu. Dan bahkan mereka seringkali menawarkan harga yang sangat jauh dari harga normal di pasaran. Kamu patut waspada dan jangan mudah tergiur ketika menemukan seseorang atau toko online yang menawarkan barang dengan harga yang sangat murah. Oleh karena itu, untuk menghindari penipuan. Sebaiknya Anda memanfaatkan promo lotte mart yang sudah terbukti murah dan aman.

  1. Menyimpan Dengan Baik Bukti Transfer Atau Transaksi

Pastikan kamu selalu menyimpan dengan baik bukti transfer atau transaksi baik itu melalui sms ataupun print out, setiap kali kamu melakukan transaksi atau transfer biaya pembelian disebuah toko online. Bukti transaksi tersebut jangan dibuang hingga sampainya barang yang telah kamu beli di rumah, dan pastikan barang yang diterima kondisinya baik. Bukti transaksi tersebut akan dibutuhkan ketika si penjual meminta bukti transfer yang telah dilakukan.

  1. Jangan Pernah Terpaku Pada Testimoni

Kebanyakan orang beranggapan jika semua testimony yang ada disebuah toko online merupakan review asli dari para pembeli. Tetapi ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena didalam kenyatannya tidak sedikit oknum toko online penipu yang mencantumkan testimony palsu didalam website mereka dengan tujuan supaya calon korban mereka akan terkelabui.

  1. Meminta Foto Asli Barang Yang Akan Dibeli

Mengirim barang yang tidak sesuai dengan yang kamu beli merupakan salah satu trik toko online penipu untuk mengambil keuntungan dari para pembelinya. Misalnya saja adanya sebuah kasus dimana adanya toko online penipu yang mengirimkan kardus kosong atau yang berisi batu kepada pembelinya. Supaya tidak mengalami hal yang seperti itu maka ada baiknya kamu meminta foto yang terbaru dari barang yang akan dibeli.

  1. Opsi COD (Cash on Delivery) Lebih Baik

Salah satu cara mencegah menjadi korban penipuan di internet yang cukup efektif adalah dengan memilih opsi COD atau Cash on Delivery. Ketika si penjual tidak menawarkan opsi COD maka kamu bisa memilih cara yang lainnya seperti menggunakan jasa pihak ketiga. Sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk membeli barang di toko online tersebut ketika si penjual tidak mau menggunakan jasa pihak ketiga.

Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti memanfaatkan jasa pihak ketiga, selalu meminta dan menyimpan nomor resi pengiriman, meminta rekomendasi dari orang lain, meminta nomor rekening Bank berbeda, dan mencegah penipuan melalui kartu kredit. Sebenarnya ada cara paling mudah supaya tidak menjadi korban penipuan belanja online yaitu dengan membelinya iLotte.com. iLotte.com yang merupakan toko online resmi ini selain aman juga akan menawarkan banyak keuntungan.

Related posts