Jangan Sampai Salah, Inilah 5 Jenis Olahraga Terbaik Bagi Penderita Sakit Ginjal

kesehatan ginjal

kesehatan ginjal

Sudah bukan sebuah rahasia lagi bahwa olahraga merupakan salah satu syarat untuk menjaga kesehatan. Secara umum, olahraga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stress, membakar lemak dan lain sebagainya. Hampir semua jenis penyakit menyarankan olahraga sebagai teknik penyembuhannya ataupun sebagai pencegahan begitu pula dengan penderita ginjal. Hanya saja, tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan penderita sakit ginjal ini. Jika salah memilih jenis olahraga, bisa jadi sakit yang Anda derita malah semakin parah. Oleh karena itu, sangat penting rasanya mengetahui jenis olahraga bagi penderita sakit ginjal berikut ini.

  1. Jalan Kaki atau Jogging

Olahraga yang paling ideal untuk penderita sakit ginjal yang pertama adalah berjalan kaki atau jogging. Pilihlah salah satu yang paling memungkinkan untuk Anda, atau dengan menggabungkan keduanya. Lakukan jalan kaki atau jogging ini selama 30 menit setiap harinya. Olahraga ini dapat membantu mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

  1. Brisk Walking

Jenis olahraga kedua ini sebenarnya mirip dengan jalan kaki dan jogging. Bedanya, brisk walking tidak berjalan tidak juga berlari, tetapi lebih mirip dengan jalan cepat dengan langkah yang lebih lebar. Untuk brisk walking ini, Anda bisa melakukannya selama satu jam setiap harinya.

  1. Bersepeda

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu menggunakan kendaraan bermotor di saat bepergian secara tidak langsung meningkatkan angka penderita penyakit ginjal. Tenang saja, Anda tidak perlu memaksakan pergi kemana-mana dengan sepeda kok. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 1-1,5 jam di pagi hari untuk bersepeda. Hal ini dipercaya dapat meringankan penyakit ginjal sebanyak 15%.

  1. Skipping

Skipping merupakan sebuah pemanasan yang umum dilakukan. Penderita sakit ginjal pun dianjurkan untuk melakukan skipping selama 10-15 menit saja setiap harinya secara rutin.

  1. Zumba

Agak serupa dengan senam aerobik, zumba juga sangat baik untuk menjaga kesehatan khususnya kesehatan ginjal. Zumba sangat khas dengan gerakannya yang padat dan menghasilkan banyak sekali keringat sehingga ginjal bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Dari lima jenis olahraga bagi penderita sakit ginjal di atas, Anda mungkin telah dapat menyimpulkan bahwa intinya, seorang dengan penyakit ginjal hanya dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan. Pilihlah salah satu jenis olahraga yang paling memungkinkan dan jangan lupa untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter pilihan Anda.

Related posts