Jangan Berlebihan, 6 Makanan Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Usus Buntu

Makanan Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Usus Buntu

Penyakit usus buntu merupakan sebuah kondisi dimana usus mengalami peradangan. Sehingga membuat penderitanya kesulitan di dalam mencerna makanan dan juga mengeluarkan zat sisanya. Kondisi kesehatan ini rentan sekali menjangkiti siapa saja. Namun umumnya paling rentan menyerang orang-orang di usia antara 10 hingga 30 tahun. Jika sudah mengalami masalah yang satu ini maka mau tidak mau harus segera menjalani operasi. Diantaranya adalah dengan mengangkat atau memotong bagian yang radang tersebut, sehingga aktivitas pencernaan nantinya bisa berlangsung secara normal kembali. Ada banyak faktor penyebab usus buntu ini.

Jika sudah mulai merasakan gejala dari kondisi kesehatan tersebut, sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera menjalani pengobatan, sebelum nantinya bertambah parah. Diantara gejala-gejala yang sering kali dialami oleh mereka yang menderita penyakit tersebut adalah nafsu makan yang turun, perut kembung, mual, mengalami konstipasi, demam dan juga tidak bisa buang gas atau tidak bisa kentut.

Faktor penyebab usus buntu sangatlah beragam, mulai diantaranya adalah akumulasi feses, kemudian juga infeksi yang terjadi pada saluran cerna, cedera atau trauma di bagian tersebut, iritasi hingga konsumsi makanan yang salah sehingga menyebabkan terjadinya peradangan ini. Berikut ini diantaranya beberapa jenis makanan yang rentan memicu radang pada usus buntu dan wajib untuk dibatasi konsumsinya, yaitu:

  1. Pisang muda, pisang memang dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan zat gizi, bahkan juga sangat bagus dalam melancarkan pencernaan. Namun berbeda ceritanya jika yang dikonsumsi adalah pisang muda. Karena kondisinya yang masih keras sehingga hal ini sering kali memicu terjadinya konstipasi atau sulit buang air besar. Jadi menyebabkan peradangan pada usus. Kandungan pectin yang ada di pisang muda inilah yang menyerap air dalam jumlah banyak sehingga memicu sembelit.
  2. Permen karet, banyak orang yang suka mengunyah permen karet, namun jika seandainya sampai tertelan tentunya sangat berbahaya, karena bahan yang satu ini tidak dapat dicerna oleh tubuh. Jadi beresiko tinggi untuk menyebabkan terjadinya peradangan.
  3. Kafein, sebenarnya konsumsi kafein dalam jumlah yang normal masih dianjurkan, namun berbeda ceritanya jika jumlah yang dikonsumsi sudah sangat berlebihan bisa memicu terjadinya dehidrasi, sehingga pembentukan feses menjadi semakin keras dan sulit untuk dikeluarkan oleh tubuh. Inilah yang menyebabkan orang-orang yang berlebihan dalam konsumsi kafein juga sangat rentan untuk mengalami masalah usus buntu.
  4. Gluten, ini adalah protein yang ditemukan dalam gandum, bagi sebagian orang yang memiliki resiko alergi protein jenis ini sangat membahayakan. Seperti adalah mereka yang terkena penyakit celilac, tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi gluten, karena bisa menyebabkan terjadinya sembelit dan juga masalah pada usus buntu.
  5. Kesemek, meskipun nikmat dan kaya akan kandungan zat gizi, apalagi kesemek manis yang dapat memperlambat pergerakan makanan yang ada di dalam perut, jadi beresiko tinggi untuk memicu sembelit hingga terjadinya usus buntu.
  6. Daging merah, makanan ini kaya akan kandungan lemak dan juga zat besi, sehingga sangat lama untuk dicerna oleh usus jadi rentan sekali menyebabkan sembelit. Hingga radang pada usus besar.

Boleh mengkonsumsi makanan maupun minuman di atas, namun hendaknya tahu batasannya, jangan berlebihan atau akan jadi penyebab usus buntu. Tentunya Anda sendiri juga tidak ingin berakhir di dalam meja operasi bukan karena peradangan yang terjadi di usus tersebut.

Related posts