Inilah Pentingnya Istirahat Cukup dan Manfaat Tidur Siang yang Sering Disepelekan

Manfaat Tidur Siang

Dari berbagai artikel kesehatan selalu menyebutkan cara hidup sehat dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Waktu istirahat ini sangat identik dengan tidur malam meski sebenarnya istirahat juga bisa didapatkan dari bersantai dan atau menjaga jarak dari aktivitas rutin. Namun tak dipungkiri bahwa tidur memang menjadi cara mendapatkan istirahat yang paling tepat karena dengan tidur, semua otot dan tubuh manusia berada dalam kondisi rileks kecuali otot tak sadar yang terus bekerja sehingga manusia tetap bisa bernafas saat tertidur. Bukan hanya tidur malam yang dihitung sebagai masa istirahat namun juga tidur siang meski hanya sebentar. Manfaat tidur siang bahkan bisa langsung dirasakan seseorang dalam hitungan menit saja.

Biasanya tidur siang hanya dilakukan oleh anak-anak saja. Orang dewasa yang tidur siang dianggap seperti pemalas yang tidak punya pekerjaan atau menunda-nunda pekerjaan. Padahal, jika ditelusuri, ada banyak manfaat dari tidur di siang hari apalagi di tengah-tengah kesibukan Anda. seseorang juga umumnya akan merasa mengantuk di waktu setelah makan siang sehingga muncul istilah “Jam-jam berat” di pukul 1 hingga 2 siang. Saat Anda di kantor atau di ruang perkuliahan, pasti Anda sering menguap karena mengantuk atau bahkan tertidur di saat bekerja. Saat ini tubuh sudah mengirimkan sinyal untuk beristirahat, namun kebanyakan menyepelekannya karena memang tidak memiliki kesempatan untuk tidur atau karena sebab lainnya.

Perlu Anda ketahui, bahwa manfaat dari tidur siang tidak kalah penting dengan tidur di malam hari. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini adalah manfaat tidur sejenak di siang hari yang baik untuk kesehatan:

  • Menghindari sakit jantung.

Saat Anda mengantuk namun tidak memiliki waktu untuk tidur sehingga memaksakan diri tetap terbangun dan bekerja, jantung akan bekerja ekstra keras yang menyebabkan ia lebih rawan masalah kesehatan. Apalagi jika Anda memaksakan dengan minum kopi dan suplemen, jika dibiasakan jantung Anda akan mengalami masalah kesehatan serius. Sebaiknya beristirahat dengan tidur siang walau hanya 15 menit saja.

  • Mencegah diabetes.

Bagi mereka yang kurang tidur di malam hari, memiliki resiko diabetes karena produksi hormon kortisol bertambah. Hormon kortisol ini diproduksi tubuh saat tubuh mengalami stress akibat kurang tidur. Hormon ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan intoleransi glukosa. Dengan tidur siang, Anda mencegah stress tubuh sehingga hormon kortisol tidak berlebihan.

  • Meningkatkan daya ingat.

Anak-anak sangat dianjurkan untuk tidur siang karena ternyata tidur siang dapat meningkatkan daya ingat. Selepas sekolah dan membuat pekerjaan rumah, biasakan anak Anda tidur siang antara 1 hingga 2 jam untuk meningkatkan sistem memorinya.

  • Meningkatkan mood.

Bayangkan Anda mengantuk namun tidak boleh tidur, pasti mood akan rusak dan menurun bukan. Selain itu tidur siang dapat mengurangi stres tubuh yang menjadi penyebab banyak penyakit.

Banyaknya manfaat tidur siang tersebut di atas bisa menjadi referensi untuk Anda agar meluangkan waktu antara 15 menit hingga 1,5 jam untuk tidur di siang hari. Namun jangan terlalu lama karena tidur siang yang terlalu lama akan mengakibatkan Anda kesulitan tidur di malam hari. Bagi pekerja, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk makan siang dan tidur sejenak sehingga bangun dengan lebih bugar dan bersemangat. Pastikan Anda tidur selama 7 hingga 8 jam sehari sehingga tubuh memiliki waktu yang cukup untuk berelaksasi.

Related posts