Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Ban IRC yang Harus Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Ban IRC

Saat Anda membeli ban motor, baik dari tokonya langsung maupun toko online pasti akan sangat dibingungkan dengan banyaknya pilihan yang ada. Pasalnya saat ini cukup banyak merk ban motor yang beredar di pasaran yang menawarkan keunggulan dan kekurangan masing-masing. Ban motor merupakan bagian yang cukup penting mengingat fungsinya yang sebagai bagian dari penggerak motor. Ban motor yang terbaik tentu juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan dalam berkendara mengingat besarnya power atau performa yang dihasilkan oleh mesin motor nantinya akan disalurkan melalui roda yang terbalut ban. Salah satu ban motor yang cukup baik dan berkualitas adalah ban IRC.

Nama IRC sendiri merupakan singkatan dari Inoue Rubber Company yang mana memang sebuah merk ban yang diproduksi oleh produsen ban dari negara Sakura yakni Jepang. IRC merupakan merk ban yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini karena ban motor merk IRC banyak digunakan pada motor buatan Honda sehingga tidak begitu mengherankan jika para pengguna sepeda motor di Indonesia juga sudah familiar dengan merk yang satu ini.

Honda mempercayakan kebutuhan ban motornya dari merk IRC tentu bukan tanpa alasan. Teksturnya yang kuat dan tahan terhadap benturan tentu saja akan membuat pengguna motor lebih nyaman dalam berkendara. Selain beberapa keunggulan-keunggulan lainnya juga cukup menjadi pertimbangan untuk menggunakan ban motor yang satu ini. Adapun keunggulan-keunggulan lain yang dimiliki oleh ban IRC, antara lain sebagai berikut:

  1. Lebih tahan lama dibandingkan dengan varian lainnya.

Ban motor yang satu ini memiliki kualitas yang cukup bagus sehingga cukup awet saat digunakan. Dibandingkan dengan merk lain, kualitas IRC sudah tidak perlu diragukan lagi. sehingga tidak heran jika ban merk IRC cukup diminati oleh para pengguna sepeda motor di Indonesia.

  1. Sangat cocok untuk harian.

IRC diproduksi dengan berbagai macam tipe ban yang bisa didapatkan oleh konsumen. khusus untuk di Indonesia, umumnya banyak dijual produk dari IRC dengan ban bertipe standar. Sehingga sangat cocok untuk kegiatan harian terutama untuk melaju di jalanan yang kering maupun basah.

  1. Nyaman untuk jalanan menikung.

Kondisi jalanan yang berbelok-belok juga memerlukan ban yang terbaik untuk berkendara. Ban dari merk IRC memiliki kenyamanan saat digunakan pada jalanan yang menikung. Hal ini dikarenakan grip ban dibuat lebih tinggi sehingga ban sangat melekat pada permukaan aspal yang berdampak pada kenyamanan untuk berkendara pada tikungan.

  1. Motif yang sangat bervariasi.

IRC tersedia dengan berbagai varian motif atau grid yang cukup beragam. Jadi bisa dikatakan ban dari IRC tidak hanya fungsional namun bagus juga dalam hal tampilan sehingga cukup bisa mengupgrade penampilan motor kesayangan Anda.

Layaknya produk pada umumnya, ban merk IRC juga memiliki sedikit kekurangan. Beberapa kekurangan yang dimilikinya, antara lain sebagai berikut.

  1. Harganya yang sedikit lebih mahal.

Dari segi harga jual, ban merk Irc memang terbilang cukup mahal dibandingkan dengan merk ban motor lainnya. Hal tersebut sangat wajar mengingat dari segi kualitas, ban produksi dari Jepang ini lebih baik dan tahan lama dibandingkan merk ban lainnya.

  1. Tekstur kehausan ban yang tidak rata.

Kekurangan dari ban IRC yang terkadang membuat sebagian orang berpikir ulang untuk membelinya dalah tekstur kehausan ban yang tidak merata. Hal ini bisa terlihat saat masa pakai ban sudah terbilang lama. Biasanya ban yang dipakai dalam waktu lama, permukaannya seharusnya menjadi mulus dan merata, baik di bagian tengah ban maupun samping ban. Namun untuk ban yang satu ini bisa sangat tidak rata kehausannya antara bagian tengah dan samping saat Anda melihatnya dengan detail. 

Related posts