Ini Dia 7 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Ini Dia 7 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Ada banyak cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Orangtua memberi banyak pengaruh dalam proses pembentukan keberanian dan kepercayaan diri anak. Hanya saja banyak orangtua yang merasa kesulitan untuk melakukannya.

Agar Anak Lebih Percaya Diri

Berikut ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mendidik anak jadi lebih percaya diri.

1.    Hargai Setiap Usaha Anak

Apapun usaha dan pencapaian yang anak raih, berikanlah apresiasi. Hargai usaha mereka dalam melakukan sesuatu. Berikan pujian untuk setiap pencapaian yang mereka raih walaupun mereka tidak menjadi yang terbaik. Setiap apresiasi yang Anda berikan akan membentuk si kecil menjadi lebih berani dan percaya pada kemampuannya.

2.    Beri Kesempatan pada Anak

Orangtua harus memberikan kesempatan kepada anak mereka dalam segala hal. Kesempatan untuk mengeksplorasi, kesempatan berbuat salah, dan lain sebagainya. Jangan mengatur anak sesuai dengan keinginan Anda tapi berikan mereka kesempatan untuk melakukan hal sesuai mau mereka.

3.    Beri Ruang untuk Rasa Ingin Tahu

Ajak anak untuk selalu belajar dengan merangsang rasa ingin tahu mereka. Berikan tantangan dan ajak anak melihat hal-hal baru di sekitar mereka. Semakin banyak hal yang anak tahu maka semakin besar pula rasa percaya diri yang ada pada diri mereka.

4.    Ajak Anak Melakukan Hal Baru

Salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah dengan mengajak anak melakukan berbagai hal baru. Orangtua harus memiliki waktu agar bisa membersamai anak bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru yang membantu si kecil berkembang. Rasa percaya diri anak akan tumbuh semakin besar seiring dengan banyaknya hal baru yang ia lakukan bersama orangtuanya.

5.    Ajarkan Anak Mengekspresikan Perasaan

Anak juga punya perasaan dan Anda tak boleh memaksa anak untuk selalu bahagia. Anak mungkin akan merasa marah, kesal, bahkan sedih. Biarkan mereka mengekspresikan semua perasaan tersebut. Jangan memarahi anak saat ia menangis dan marah. Ajari anak untuk menguasai emosi mereka karena hal ini turut berperan dalam membentuk rasa percaya diri.

6.    Berikan Kasih Sayang

Percaya diri anak akan semakin besar jika ia tumbuh di tengah kasih sayang. Orangtua memang harus tegas pada anak namun juga harus selalu memberikan kasih sayang yang cukup. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan tanpa harus dibentak atau dimarahi jika melakukan kesalahan.

7.    Jangan Mengistimewakan

Tanamkan pada anak Anda bahwa mereka sangat berharga namun bukan berarti harus terus diperlakukan istimewa. Ajarkan anak untuk mandiri sejak kecil. Ajak anak melakukan hal-hal yang seharusnya diselesaikan sendiri oleh mereka. Contohnya seperti merapikan mainan, menghabiskan makanan, dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Jadilah orangtua yang bisa memahami perasaan si kecil dan bantu mereka untuk mengekspresikan diri dengan penuh keberanian.

Related posts