Hindari Makanan Ini saat Muncul Tanda Kehamilan

Hindari Makanan Ini saat Muncul Tanda Kehamilan

Pasangan pasti memimpikan untuk memiliki anak dari pernikahan mereka. Ketika muncul tanda ovulasi berhasil dibuahi, Anda harus mempersiapkan kehamilan dan kelahiran. Banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil saat hamil. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh saat hamil. Selera dan nafsu makan ibu hamil juga berubah drastis.

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil juga perlu diperhatikan untuk kesehatan calon buah hati. Ibu hamil membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang berbeda dan nutrisi berbeda. Sehingga perlu memperhatikan makanan yang baik untuk ibu hamil. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat muncul tanda-tanda kehamilan.

  1. Nanas, Durian, Pepaya

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil terutama ketika usia kehamilan masih tergolong muda. Salah satunya adalah buah nanas. Hal ini disebabkan nanas mengandung zat yang bersifat abortivum, yaitu jika dikonsumsi berlebihan dapat berpotensi menimbulkan kontraksi pada kandungan.

Mengonsumsi nanas berbahaya pada ibu hamil karena berisiko terjadi keguguran. Buah lain yang tidak diperbolehkan adalah durian. Buah durian mengandung alkohol yang membuat tubuh menjadi panas sehingga jika mengonsumsi dalam jumlag banyak sangatlah tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Buah papaya juga tidak dianjurkan bagi ibu hamil jika masih setengah matang atau masih mentah. Tingginya kandungan lateks dapat bisa memicu kontraksi pada rahim yang tentu kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

  1. Ikan Laut yang Kaya Merkuri

Ibu hamil disarankan untuk makan ikan laut karena kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang baik bagi kehamilan. Namun, pastikan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi ikan laut yang mengandung merkuri. Merkuri dapat memicu gangguan pertumbuhan otak dan motorik janin. Beberapa jenis ikan yang kaya merkuri adalah kan hiu, ikan tenggiri, ikan marlin, dan ikan pari.

  1. Makan Makanan Mentah

Makanan mentah mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi tubuh terutama bagi ibu hamil muda. Bakteri-bakteri tersebut berpotensi menyerang janin dan menyebabkan berbagai risiko bagi pertumbuhan janin.

Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil menghindari untuk mengonsumsi makanan mentah seperti telur, daging, ikan mentah, serta sayuran mentah. Disarankan juga untuk menghindari makanan yang dimasak setengah matang, seperti telur atau steak, karena dikhawatirkan masih mengandung banyak bakteri.

  1. Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Merokok ataupun terpapar asap rokok sangat berbahaya bagi ibu hamil. Nikotin dan zat berbahaya lainnya dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti pecahnya air ketuban dini dan lebih parah lagi keguguran. Begitu juga dengan konsumsi minuman beralkohol. Konsumi minuman beralkohol berisiko membuat janin tumbuh cacat fisik dan mental.

Itulah makanan yang harus Anda hindari saat muncul tanda ovulasi berhasil dibuahi. Ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen dan multivitamin untuk menunjang gizi ibu dan anak. Anda bisa mendapatkan multivitamin bagi ibu dan bayi di orami.co.id beserta kebutuhan gizi lain untuk ibu hamil.

Related posts