Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Travel Insurance

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Travel Insurance

Banyak orang mempertanyakan apa pentingnya memiliki travel insurance saat melakukan sebuah perjalanan. Baik itu ke luar negeri maupun di dalam negeri. Pada dasarnya, asuransi ini sangat bermanfaat untuk Anda dalam melindungi diri dari kecelakaan ataupun risiko-risiko buruk lainnya selama di perjalanan.

Masih banyak turis Indonesia yang enggan menggunakannya karena tak tahu apa-apa mengenai asuransi perjalanan ini. Apa Anda juga termasuk? Jika iya, sebaiknya Anda mencaritahu dulu mengenai hal-hal yang berhubungan dengan asuransi ini. Tak perlu jauh-jauh, cukup lihat di bawah ini saja!

Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan sebenarnya mencakup banyak jenis. Pada umumnya, semua asuransi ini mencakup internasional. Asuransi ini bisa melindungi Anda dari berbagai risiko seperti risiko medis, risiko kehilangan bagasi dan dokumen penting serta lainnya. Selain itu, ada juga asuransi tahunan.

Asuransi yang satu ini menawarkan jaminan terhadap perjalanan domestik maupun internasional dengan berbagai keperluan seperti bisnis atau sekolah sepanjang tahun. Ada juga asuransi untuk jamaah haji dan umrah. Serta, asuransi domestik yang melindungi perjalanan dalam negeri.

Cara Mendaftar Asuransi Perjalanan

Cara mendaftar asuransi ini tidaklah sulit. Sekarang, Anda tak perlu lagi mendatangi kantor-kantor asuransi hanya untuk mendaftar. Anda bisa melakukannya secara daring dengan masuk ke situs asuransi tersebut. Isilah data diri Anda dan tujuan negara serta lamanya perjalanan yang dilakukan. Bisa juga dengan memilih jenis asuransi yang Anda perlukan.

Harga dan Tanggungan

Sebenarnya, biaya pertanggungan yang dikeluarkan travel insurance ini tidak sebesar biaya perjalanan yang Anda lakukan. Nilai preminya cenderung kecil. Hanya sekian persen saja dibanding nilai perjalanan Anda. Untuk harga dan tanggungan, jumlahnya tergantung perusahaan  yang Anda ambil.

Namun, bagi Anda yang ingin memiliki visa Schangen, Anda harus memiliki asuransi ini. Asuransi ini akan meringankan biaya perjalanan Anda ke berbagai negara di Eropa yang masuk dalam tanggungan visa ini.

Apa Saja yang Ditanggung?

Ada banyak hal yang ditanggung oleh pihak asuransi perjalanan Anda. Misalnya saja biaya perawatan medis bila terjadi Anda sakit selama liburan. Asuransi perjalanan ini juga akan menanggung kerusakan atau kehilangan bagasi serta memberikan kompensasi bila terjadi keterlambatan atau pembatalan penerbangan atau pemberangkatan.

Bila suatu hal yang buruk terjadi selama perjalanan, misalnya Anda mengalami kecelakaan, maka pihak asuransi juga akan memberikan bantuan pada Anda. Bantuan itu terdiri dari sumbangan kematian yang akan diberikan pada keluarga Anda. Nantinya, dana itu bisa digunakan untuk pemulangan jenazah, biaya kremasi ataupun penguburan dan lainnya.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Jika Anda mengalami kecelakaan ringan saat di negara tujuan, Anda hanya perlu menunjukkan asuransi yang Anda miliki pada pihak rumah sakit. Namun sayangnya, untuk cara klaim ini, tak semua perusahaan asuransi menyediakannya. Mayoritas cara klaim yang digunakan adalah dengan skema reimburse.

Pada skema ini, saat Anda jatuh sakit atau kecelakaan, Anda harus berobat dulu di negara tersebut. Setelah itu, Anda harus minta surat keterangan dari dokter yang merawat Anda sebagai bukti untuk melakukan klaim.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang travel insurance yang sangat banyak manfaatnya. Namun, sebelum Anda membeli asuransi, ada baiknya Anda memperhatikan dulu beberapa hal. Misalnya saja besaran tanggungan, berapa lama asuransi berlaku serta bagaimana cara klaimnya agar bisa memudahkan Anda nantinya.

Related posts