Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merawat Aki Motor

Merawat Aki Motor

Aki motormerupakan komponen motor yang sangatlah penting dalam penggunaannya. Terlebih lagi untuk aki ini pun juga menjadi kunci utama supaya starter motor bisa untuk dinyalakan, selain itu aki pun juga memiliki fungsi dalam menyalakan pada komponen kelistrikan yang lainnya misalnya seperti pada lampu sign, head lamp, lampu indicator serta pada bagian kelistrikan yang lainnya. Sehingga pentingnya peran aki pada kendaraan motor  inilah yang menjadikan para pemilik motor haruslah melakukan perawatan pada aki dengan cara yang tepat dan benar agar aki selalu dalam keadaan yang aman, awet dan tentunya tidak menghalangi jalannya kendaraan Anda.

Dengan melakukan perawatan secara rutin dan dengan cara yang tepat, tentunya hal ini akan menjadikan aki kendaraan tetap terjaga dengan baik dan tentunya juga akan menjadikan motor Anda tetap terjaga performanya serta aki kendaraan Anda pun juga akan jauh lebih awet Anda. Tanpa adanya perawatan pada bagian aki kendaraan, maka hal inilah yang akan menjadikan diri Anda sebagai pemilik motor akan mengalami kesulitan pada saat berkendara, karena hal ini bisa jadi mengganggu pada kelistrikan kendaraan Anda.

Agar aki Anda dapat terjaga dengan baik, maka Anda dapat melakukan perawatan dengan cara yang tepat, jika memang Anda belum mengetahui pada tata cara dalam melakukan perawatan pada aki motor, maka Anda dapat untuk mengintip pada beberapa hal yang ada di bawah ini, akan tetapi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perawatan pada aki kendaraan, maka ada baiknya jika Anda mengetahui pada macam aki kendaraan yang memang aki telah dibedakan menjadi 2 macam.

Berikut ini ada macam aki kendaraan, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Aki basah.

Dikatakan aki basah karena bagian dalam aki mempunyai cairan yang berupa asam sulfat atau H2SO4, untuk aki jenis ini membutuhkan perawatan secara teratur dan berkala, hal ini dikarenakan cairan yang ada di dalam aki ada batas minimal supaya aliran arus dapat maksimal serta hal ini pun juga tidak akan mudah rusak.

  1. Aki kering.

Pada aki kering ini memiliki kandungan gel yang dijadikan sebagai pengganti pada cairan elektrolit. Sedangkan untuk gel ini pun juga mempunyai sifat yang tidak mudah menguap, bahkan untuk sekali menguap pun sisa pembuangan pada uapnya akan masuk kembali pada wadah aki, sehingga untuk sistem kerjanya pun tidak seperti aki basah.

Dari jenis aki kendaraan yang ada di atas, maka Anda dapat melakukan perawatan seperti yang ada di bawah ini:

  • Perhatikan pada aksesoris kendaraan Anda, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan aksesoris kendaraan yang berlebihan.
  • Jangan menyalakan pada starter elektrik dengan paksa, karena hal ini akan menjadikan motor susah dinyalakan.
  • Panasi motor terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Sebelum mematikan kendaraan maka pastikan komponen kelistrikan sudah mati, termasuk pada bagian lampu.
  • Lakukan pemeriksaan pada ketinggian cairan yang ada di dalam aki.
  • Periksa apabila terdapat kebocoran pada badan aki.

Sebenarnya perawatan yang dilakukan pada aki motor sangatlah mudah untuk dilakukan, sehingga hal ini tidak akan menyulitkan diri Anda untuk melakukan perawatan dengan cara yang benar dan tepat dan tentunya dengan melakukan perawatan yang tepat maka kondisi aki pun tetap terjaga dengan baik dan aki kendaraan Anda yang awet pun tentunya akan menjadikan kendaraan Anda tetap aman dan nyaman Anda kendarai di jalanan.

Related posts