5 Metode untuk Atasi Takut Ketinggian saat Traveling

Atasi Takut Ketinggian saat Traveling

Suka traveling atau jalan-jalan ke tempat wisata yang menyenangkan? Salah satunya wisata alam? Salah satu hal yang bisa didapatkan adalah keindahan pegunungan dan tebing. Tapi, bagaimana bila Anda takut ketinggian? Agar Anda merasa aman, cover-lah diri dengan asuransi perjalanan harian. Dengan ini, Anda akan merasa aman saat liburan di alam.

Tapi, bukan hanya liburan di alam saja yang menyenangkan. Ada berbagai wahana yang bisa Anda temukan dan menarik selama liburan yang berhubungan dengan ketinggian. Misalnya saja flying fox dan lainnya. Liburan pasti tak seru bila melewatkannya, kan? Terlebih bila teman Anda sudah mencobanya ? Bagaimana cara mengatasi ketakutan ini? Ini metodenya!

  1. Metode Reframing

Metode pertama yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah takut ketinggian yang membuat liburan tak menyenangkan adalah metode reframing. Penderita ketakutan ketinggian biasanya akan diminta untuk membayangkan saat ia kembali ke masa lampau dan mengapa ia bisa mengalami ketakutan terhadap ketinggian.

Dengan begini, penderita ketakutan akan mengalami kembali kenangan tersebut. Ia akan mendapat motivasi bahwa semua orang pernah mengalami masalah tersebut dan bisa keluar dari ketakutan yang mereka alami. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keberaniannya.

  1. Metode Desentisisasi Sistematis

Berikutnya ada Desentisisasi Sistematis yang biasanya digunakan untuk penderita phobia ketinggian yang ringan. Metode yang satu ini sangat bisa diandalkan untuk mengatasinya. Pada metode yang satu ini, penderita phobia ketinggian akan diminta untuk membayangkan hal-hal indah yang bisa mereka temui saat ada di ketinggian.

Selain itu, bisa juga diminta untuk membayangkan berbagai hal seru yang bisa mereka temukan saat liburan di wahana yang memiliki ketinggian seperti roller coaster, flying fox dan lainnya. Dengan begitu, mereka bisa mengusir rasa takutnya. Bila Anda tak yakin, cobalah cover diri Anda dengan asuransi perjalanan harian agar lebih aman dan nyaman.

  1. Metode Hypnotheraphy

Ketiga ada metode hypnotheraphy yang mana dpenderita akan diberikan sugesti-sugesti untuk menghilangkan rasa takut yang mereka alami. Sugesti terebut akan diberikan secara terus menerus sehingga ia bisa melupakan ketakutannya sendiri akan ketinggian. Bisa dikatakan, metode ini mirip dengan metode penyembuhan diri dari dalam.

  1. Metode Abreaksi

Metode berikutnya yang biasanya digunakan untuk mengatasi ketakutan seseorang saat berada di ketinggian adalah metode abreaksi. Pada metode ini, penderita akan diminta membayangkan serunya berada di ketinggian. Imajinasi ini diminta untuk dilakukan secara terus menerus.

Selain itu, saat metode ini dilaksanakan, di hadapan penderita juga disuguhkan tayangan televisi yang menampilkan aksi yang menyenangkan di ketinggian. Setelah si penderita terbiasa, ia akan di bawa ke tempat-tempat yang tinggi untuk mempraktikkan imajinasinya tersebut. Hal ini sering berhasil dan Anda bisa melakukannya saat ingin liburan.

  1. Metode Exposure

Terakhir adalah metode exposure yang ekstrem. Pada metode ini penderita akan diletakkan di tempat yang tinggi berulang kali sehingga ia terbiasa dengan posisi tersebut. Namun ini sangat berisiko. Memang ada penderita yang berhasil melupakan ketakutannya. Tapi, ada juga yang semakin takut.

Itulah beberapa metode yang digunakan untuk mengatasi ketakutan akan ketinggian. Jadi, bila Anda ingin liburan di tempat yang menyenangkan dan ada unsur ketinggiannya, bila memiliki phobia lakukan dulu metode ini. Selain itu, lindungilah diri Anda dengan asuransi perjalanan harian yang akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat liburan.

Related posts