4 Keuntungan Bisnis Jasa Pengiriman Barang

4 Keuntungan Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Akhir-akhir ini bisnis jasa pengiriman barang dianggap sebagai salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Bisnis ini dianggap memiliki peluang yang cukup lebar karena dibutuhkan oleh berbagai kalangan mulai dari pemerintah, perusahaan dan masyarakat biasa. Hadirnya beragam merk layanan pengiriman barang dengan tarif yang bervariasi memungkinkan masyarakat untuk memilih layanan yang terbaik. Memang tak bisa dipungkiri, kehadiran layanan pengiriman barang memegang peranan besar dalam dunia bisnis dan kehidupan kita sehari-hari. Maka tak mengherankan jika setiap bulan, pasti ada cabang-cabang layanan pengiriman barang yang muncul di sekitar kita. Beberapa alasan berikut inilah yang menyebabkan mengapa banyak orang tertarik menggeluti bisnis pengiriman barang ini.

  • Kebutuhan meningkat

Kebutuhan akan layanan pengiriman barang bisa dikatakan tak pernah surut. Bahkan dalam event-event tertentu, layanan ini sangat laris dan banyak dibutuhkan masyarakat. Event seperti hari raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru dan event lainnya merupakan saat-saat dimana layanan pengiriman barang mendapatkan order sangat tinggi. Pada saat itulah jumlah pengiriman barang atau paket Lebaran dan Natal ke kerabat meningkat tajam. Bahkan beberapa perusahaan pengiriman barang menawarkan potongan biaya pada hari tertentu dan tetap membuka pelayanan pada hari libur demi memenuhi kebutuhan masyarakat dan menarik perhatian konsumen. Keuntungan berlipat yang bisa diperoleh dalam event tahunan ini tentu menjadi daya tarik bagi para pengusaha lainnya untuk memulai bisnis jasa pengiriman barang.

  • Perkembangan bisnis online cukup pesat

Masyarakat kini lebih menyukai cara-cara yang praktis dan cepat ketika berbelanja. Hal inilah yang mendorong pesatnya kemajuan tren jual beli online. Hampir setiap orang yang memiliki modal bisa membangun sebuah toko online. Bahkan toko-toko yang sebelumnya masih menggunakan cara konvensional, kini mulai beralih menyediakan layanan transaksi online. Banyaknya proses penjualan secara online, tentu berpengaruh positif terhadap naiknya kebutuhan akan jasa pengiriman barang. Semakin banyak transaksi pembelian online yang terjadi, maka semakin dibutuhkan pula layanan pengiriman barang. Namun, perkembangan bisnis online yang pesat juga dibarengi dengan banyaknya jumlah layanan pengiriman barang di pasaran. Jadi, setiap penyedia pengiriman barang harus memiliki karakter dan kelebihan agar bisa bersaing dengan perusahaan lainnya.

  • Belum tersedia alternatif pengganti

Jasa pengiriman barang masih dianggap sebagai cara terbaik untuk memindahkan barang atau mengirim barang ke tempat lain yang jaraknya berjauhan. Sampai saat ini, belum ditemukan adanya teknologi alternatif yang bisa menggantikan peran layanan pengiriman barang ini. Hingga saat itu tiba, bisnis layanan pengiriman barang masih dianggap sebagai bisnis yang menguntungkan dan memiliki prospek cerah di masa depan. Bisnis pengiriman barang dan kargo bahkan dianggap sebagai salah satu bisnis dengan prospek dan potensi terbaik hingga tahun 2030an nanti menurut International Franchise Association. Hal ini tentu membawa peluang yang baik bagi penyedia layanan pengiriman barang untuk memperbaiki kualitas layanan dan memperlebar jaringannya ke pelosok negeri.

  • Bisa dimulai dengan modal kecil

Daya tarik utama dari bisnis jasa pengiriman barang yakni bisa dimulai dengan modal yang kecil. Anda bisa memulainya dengan menjadi agen perusahaan pengiriman barang dan kargo terlebih dahulu. Hal ini banyak dilakukan oleh agen-agen perusahaan pengiriman barang seperti JNE. Untuk menjadi agen dari perusahaan ini, Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp 7 jutaan saja. Di samping itu, Anda harus memiliki lokasi usaha dan memenuhi syarat administrasi. Berkas administrasi meliputi fotokopi KTP, NPWP perusahaan, SIUP, Surat Permohonan Usaha, badan hukum, pas foto pemilik, denah dan foto lokasi. Perusahaan juga akan memastikan bahwa Anda sedang tidak terikat dengan perusahaan lain yang sejenis.

Related posts