3 Teknik Gentle Memotong Cakar Kucing untuk Hasil Optimal

Cara Memotong Kuku Kucing

Sejinak apapun, tetap saja hewan peliharaan tidak akan pernah kehilangan naluri binatangnya. Semanis apapun seekor kucing peliharaan, tetap saja ada cakar tajam tersembunyi di balik kaki mungilnya. Cakar tajam tersebut bukan tanpa fungsi. Cakar kucing berguna untuk menunjang efisiensi pergerakan juga sebagai shockbreaker paska meloncat.

Namun tak jarang, cakar tersebut justru berpotensi melukai kulit para pemiliknya. Perabot rumah pun, sesekali tak luput jadi sasaran cakar sang kucing kesayangan. Untuk Anda yang tertarik merapikan cakar kucing Anda agar lebih bisa beraturan serta minim resiko berbahaya, bisa langsung coba simak saja step cara memotong cakar kucing secara gentle berikut ini.

Persiapan Awal

Jika belum yakin bisa melakukannya seorang diri, Anda bisa meminta tolong atau belajar pada para expert di bidang pemeliharaan hewan. Mereka adalah orang-orang profesional yang pastinya sangat paham dengan apa yang akan mereka lakukan. Namun jika Anda yakin bisa melakukannya sendiri, maka tak ada salahnya mencoba, utamanya berbekal bonding kuat.

Mempelajari teknis pemotongan cakar memang perlu Anda dalami. Namun hal terpentingnya justru terletak pada seberapa hebat Anda membujuk kucing Anda untuk tetap tenang dan juga enjoy. Cakar kucing secara alamiah bisa rusak karena retak maupun tergores saat berbenturan dengan benda lain. Jadi anggap saja ritual ini sebagai perawatan tambahan untuknya ya.

Teknik Gentle Memotong Cakar KucingSedari awal biasakanlah untuk sering bercengkerama secara alamiah dengan kucing Anda. Elus leher, ekor, kepala serta bagian tubuh lain yang disukainya sambil biasakan juga merabai area sekitaran cakarnya. Tetap fokus untuk membuatnya nyaman. Beri pijatan lembut nan santai di sekitar telapak kakinya karena area tersebut dipenuhi syaraf sensitif.

Jelang Eksekusi

Hal paling utamanya, pastikan dulu kucing Anda merasa nyaman dalam penguasaan Anda. Sebisa mungkin lakukan dengan alamiah disertai dengan cengkerama tanpa menyertai gesture yang kaku. Jangan buat kucing peliharaan Anda merasa gugup ataupun tertindas. Untuk peralatan memotong, baiknya Anda siapkan gunting khusus kucing yang tidak tumpul.

Jangan pernah menarget sekali langsung tuntas saat proses pemotongan cakar kucing Anda. Lakukan secara bertahap sesuai dengan kapasitas kucing Anda untuk bersikap tetap tenang selama Anda merapikan cakarnya. Namun saat bonding dengan kucing Anda semakin membaik, ritual merapikan cakar ini akan bisa dilakukan secara lebih mudah setiap sesinya.

Dekap kucing Anda dalam posisi yang kokoh dalam pangkuan. Lalu mulailah merapikan cakarnya sedikit demi sedikit. Perhatikan untuk jangan sampai memotongnya terlalu dalam hingga menyinggung bagian daging bawah cakarnya. Hal ini akan membuat kucing terluka dan menimbulkan sakit yang disertai trauma pada kucing peliharaan kesayangan Anda.

Paska Pemotongan Cakar Kucing

Anda bisa menurut penuh pada mood kucing Anda, lanjutkan jika dia enjoy serta sudahilah jika terlihat dia mulai merasa jengah. Anda bisa juga sediakan obat tabur untuk diaplikasikan pada area sekitar cakarnya yang telah dirapikan. Jika tak ada, menggunakan sedikit taburan tepung pun tidak masalah untuk meminimalisir iritasi. Jagalah juga agar dia merasa nyaman.

Paling penting, pastikan bahwa tak ada bagian kaki kucing yang terlukai oleh gunting potong. Pada awal mulanya, pemotongan cakar kucing ini bisa terasa kurang nyaman baginya. Untuk itulah sedari awal tak perlu kita menarget langsung tuntas. Secara bertahap saja justru bisa membuat kucing bisa beradaptasi dengan lebih baik terkait perubahan pada tubuhnya.

Related posts